JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sejumlah Mayat Ditemukan di Mobil yang Terjebak Kebakaran Hutan

18 November 2018, 11:03:03 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
kebakaran hutan, kalifornia, mayat,
Beberapa mayat ditemukan di dalam mobil-mobil yang diserbu oleh api yang bergerak sangat cepat. Ini terjadi ketika penduduk berebut untuk melarikan diri dari kebakaran dahsyat (BBC)
Share this

JawaPos.com - Angin kencang telah memicu kebakaran mematikan di hutan California ketika tim pencari dan penyelamat memulai tugas berat mencari mayat di antara puing-puing yang masih terbakar. Dilansir dari BBC beberapa waktu yang lalu, kecepatan angin bisa mencapai hingga 64 km per jam, diperkirakan masih mengancam sekitar 57.000 rumah.

Seperti dilansir Washington Post, petugas pemadam kebakaran masih bertarung dengan api yang telah menyebabkan 11.000 rumah dan bangunan terbakar dan hancur. Kebakaran hutan di California ini paling merusak dalam sejarah, menewaskan setidaknya 76 orang.

Jumlah korban tewas ini melampaui jumlah korban pada kebakaran Taman Griffith 1933 yang menjadi kebakaran paling mematikan dalam sejarah Kalifornia. Banyak orang hilang, dengan tim pencari bersiap-siap untuk menyisir lokasi kebakaran. Tiga kamar mayat portabel, sejumlah anjing spesialis, antropolog forensik sudah disiapkan.

kebakaran hutan, kalifornia, mayat,
Sekitar 9.000 petugas pemadam kebakaran telah menangani kebakaran, dengan 16 negara lainnya mengirim kru dan sumber daya untuk membantu. Lebih dari 300 ribu penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka (Reuters)

Lebih jauh ke selatan, api sejauh ini telah menewaskan dua orang karena membakar resor pantai termasuk di Malibu, yang menjadi resor favorit orang-orang kaya dan terkenal Amerika. 

Sekitar 9.000 petugas pemadam kebakaran telah menangani kebakaran, dengan 16 negara lainnya mengirim kru dan sumber daya untuk membantu. Lebih dari 300 ribu penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka di California.

Presiden AS Donald Trump telah menyatakan, bencana besar di terjadi di California. Negara memutuskan untuk memberi bantuan bagi penduduk yang terkena dampak. Sementara itu, pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kebakaran hutan.

Beberapa mayat ditemukan di dalam mobil-mobil yang diserbu oleh api yang bergerak sangat cepat. Ini terjadi ketika penduduk berebut untuk melarikan diri dari kebakaran dahsyat.

Seorang warga, Sorrell Bobrink yang berhasil pergi dengan anaknya, mengatakan kepada radio BBC World Service bahwa dia pertama kali bangun dan diberitahu melalui telepon dari seorang teman.

Dia menggambarkan adegan itu sebagai persis seperti film kiamat yang pernah dilihatnya. Ia mengatakan, ia tidak tahu apakah dia akan naik mobil menuju kematian atau keluar dari bahaya karena langit menghitam.

"Saya harus melewati api dan itu sangat mengerikan. Itu mungkin pengalaman paling mengerikan yang akan saya miliki dalam hidup saya," katanya.

"Itu membuat kami trauma, kami akan trauma untuk waktu yang lama. Seluruh komunitas saya trauma, saya tidak bisa menonton video lagi karena saya benar-benar melewatinya."

Banyak dari para korban diyakini adalah warga lanjut usia atau orang-orang dengan masalah mobilitas yang lebih sulit. Rumah mewah di Malibu dan komunitas pantai lainnya termasuk di antara properti yang hancur. Kota terdekat Calabasas, rumah bagi selebritas terkenal, tetap berada di bawah perintah evakuasi wajib.

Kenapa kebakarannya begitu parah? Secara historis, musim api di Kalifornia dimulai pada musim panas menuju ke awal musim gugur. Namun para ahli telah memperingatkan bahwa risikonya sekarang terjadi sepanjang tahun.

Komisi Utilitas Publik Kalifornia sedang menyelidiki apa yang memicu kebakaran terbaru. Kelembaban rendah, angin Santa Ana hangat, dan tanah kering setelah bulan bebas hujan telah menghasilkan lingkungan penyebaran api yang sangat prima.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up