JawaPos Radar | Iklan Jitu

Korban Disarankan Lari dari Kebakaran Hutan California dengan Mobil

18 November 2018, 10:39:23 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
kebakaran hutan, kalifornia, hutan,
Menurut Schori, melarikan diri dengan memakai kendaraan seperti mobill atau motor adalah pilihan yang tepat, karena sebagian besar kebakaran hutan tidak bisa dihindari hanya dengan berlari lebih cepat (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Api telah membakar lebih dari 200.000 hektar hutan di California, Amerika Serikat. Menjadikan negara bagian itu diselimuti asap sangat tebal. Dilansir dari BBC beberapa waktu lalu,  dampak terbesar dari kebakaran hutan tersebut adalah asap yang terdiri dari uap air, karbon monoksida, karbon dioksida, bahan kimia, juga partikel yang sangat kecil.

Angin kencang dapat membawa polutan berbahaya ke wilayah ratusan mil jauhnya. Pada saat ini, gumpalan dapat menyebabkan kesulitan bernapas, bahkan bagi individu yang sehat.

Seorang Ilmuwan senior di Lovelace Respiratory Research Institute di New Mexico, Yohannes Tesfaigzi mengatakan, bagi mereka yang memiliki paru-paru yang rentan, tingkat paparan asap yang sangat rendah dapat menyebabkan kolaps, dan berdampak jangka panjang.

kebakaran hutan, kalifornia, hutan,
Kebakaran hutan adalah kebakaran hutan yang tidak terkendali akibat ada bagian tanah hutan yang ditutupi oleh kayu atau tanaman yang mudah terbakar. Di alam, dua hal dapat memicu kebakaran hutan, laha (AP)

"Partikel yang dihasilkan oleh kebakaran hutan dapat menembus ke paru-paru dan mereka tidak benar-benar disaring," kata Tesfaigzi. Dia mengatakan ketika kebakaran hutan terjadi di California, tingkat partikel di udara meningkat tiga kali lipat di negara bagian New Mexico.

Sebuah studi oleh Georgia Tech selama musim kebakaran tahun mendeteksi partikel di dataran tinggi di pantai timur AS. Asap dari api besar tahun 2017 telah menyebar di seluruh negara. Jenis-jenis pembakaran vegetasi dapat mempengaruhi seberapa berbahaya gumpalan asap itu. Asap dari pohon pinus, misalnya, mungkin karsinogenik dan eukaliptus sangat beracun bagi manusia.

Satu studi oleh para peneliti dari beberapa universitas AS, termasuk Yale dan Harvard, memperkirakan bahwa lebih dari 82 juta orang di AS barat akan menderita konsekuensi kesehatan signifikan dari asap kebakaran hutan dalam 20 tahun mendatang.

Memang, masker dapat membantu mengurangi beberapa bahaya, tetapi hanya jenis tertentu yang dapat menyingkirkan semua racun, dan beberapa komunitas di California sudah mengalami kekurangan masker. Ini menurut laporan Kaiser Health.

Setelah perintah evakuasi dikeluarkan oleh penegak hukum setempat, warga umumnya memiliki kesempatan untuk pergi. Ini diungkpakan oleh Petugas informasi untuk Departemen Kehutanan dan Perlindungan dari Kebakaran (Cal Fire) Kalifornia, Kathleen Schori. "Tetapi pada tahap awal kebakaran, Anda mungkin hanya memiliki beberapa menit," tambahnya seperti dilansir BBC.

Menurut Schori, melarikan diri dengan memakai kendaraan seperti mobill atau motor adalah pilihan yang tepat, karena sebagian besar kebakaran hutan tidak bisa dihindari hanya dengan berlari lebih cepat. Api di sini menyebar cepat, didorong oleh angin kencang, membuat situasi menjadi lebih berbahaya. "Selama fase awal, hutan itu terbakar 80 mil dalam satu jam."

Sementara itu, mantan peneliti senior Dinas Kehutanan dari University of Washiongton Prof David Peterson mengatakan, sebanyak 90 persen dari kebakaran kecil dapat dipadamkan dengan cepat. "Namun 2 persen kebakaran sangat menantang ketika mereka menjadi besar, dan hampir tidak mungkin untuk dipadamkan, setidaknya sampai hujan turun," katanya.

Kebakaran hutan adalah kebakaran hutan yang tidak terkendali akibat ada bagian tanah hutan yang ditutupi oleh kayu atau tanaman yang mudah terbakar. Di alam, dua hal dapat memicu kebakaran hutan, lahar dan kilat.

Menurut National Park Service, 90 persen kebakaran hutan di AS disebabkan oleh manusia. Misalnya karena api unggun yang tidak dijaga dengan baik, rokok, atau pembakaran liar.

Hanya sekitar 2 persen dari 2.816 kebakaran hutan di Kalifornia pada tahun 2016 disebabkan oleh petir. Ini menurut data dari Cal Fire. Mayoritas disebabkan oleh manusia. Menentukan penyebab kebakaran hutan bisa menjadi proses yang melelahkan.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up