JawaPos Radar | Iklan Jitu

Gerard Butler dan Miley Cyrus Kehilangan Rumah Akibat Kebakaran Hutan

18 November 2018, 12:01:49 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
kebakaran hutan, kalifornia, korban, trump, as, gerard buttler, miley cyrus,
Aktor Gerard Butler mengunggah foto dirinya di depan rumahnya yang hangus. Ia menulis dalam Twitter-nya memuji keberanian, semangat, dan pengorbanan para petugas pemadam kebakaran (Twitter)
Share this

JawaPos.com - Di bagian utara California terjadi kebakaran paling merusak dan mematikan di sepanjang sejarah California, AS. Dilansir dari The Guardian beberapa waktu yang lalu, api telah menyapu bersih sebuah kota berpenduduk sekitar 26 ribu orang, sekitar 170 mil timur laut San Francisco.

Lebih jauh ke selatan, api mengancam wilayah Los Angeles, fenomena ini menjadi kebakaran California yang paling mematikan dalam 85 tahun terakhir. Beberapa orang ditemukan meninggal di dalam mobil mereka karena terperangkap ketika mencoba melarikan diri dari api. Orang-orang telah mengungsi, dari keluarga miskin hingga selebritis Hollywood.

Aktor Gerard Butler mengunggah foto dirinya di depan rumahnya yang hangus. Ia menulis dalam Twitter-nya memuji keberanian, semangat, dan pengorbanan para petugas pemadam kebakaran.

Penyanyi Miley Cyrus melaporkan kalau ia kehilangan rumahnya tetapi berhasil melarikan diri dengan tunangannya, Liam Hemsworth, dan hewan peliharaan mereka. Neil Young juga kehilangan rumahnya. Lady Gaga mengaku dirinya telah dievakuasi.

Pasukan yang kewalahan dengan 8.000 petugas pemadam kebakaran telah berjuang melawan kobaran api, tantangan mereka meningkat dengan kondisi kering hutan yang kering dan angin yang sangat kencang yang diperkirakan akan terus berlanjut.

Presiden Donald Trump melalui Twitter, mengatakan, tidak ada alasan untuk kebakaran hutan yang mematikan di Kalifornia, kecuali bahwa pengelolaan hutan sangat buruk. Miliaran dolar diberikan setiap tahun, dengan begitu banyak nyawa hilang, semua karena kesalahan pengelolaan hutan. "Perbaiki sekarang, atau tidak ada lagi bantuan!”, tulis Trump marah.

Populasi di Kalifornia terus meningkat dan mendekati 40 juta. penambahannya lebih dari 300.000 orang per tahun sejak tahun 2010 dengan mengembangkan area hutan membuat sering terjadi kebakaran. Para ahli mengatakan, masuknya manusia ke hutan telah meningkatkan risiko pertemuan mematikan dengan api.

Trump tampaknya mengabaikan fakta bahwa 60 persen hutan negara berada di bawah manajemen federal. Secara terpisah, tidak ada bukti bahwa California kekurangan air untuk melawan kebakaran hutan.

"Pesan Presiden yang menyerang Kalifornia dan mengancam menahan bantuan kepada para korban kebakaran dahsyat adalah informasi yang buruk, tidak tepat waktu, dan merendahkan orang-orang yang menderita," kata Presiden Pemadam Kebakaran Profesional Kalifornia, Brian K Rice.

Rice juga mengatakan, pernyataan Presiden bahwa kebijakan pengelolaan hutan Kalifornia yang harus disalahkan atas kebakaran hutan adalah salah besar. Kebakaran hutan dipicu dan menyebar tidak hanya di area hutan tetapi di daerah penduduk dan ladang terbuka yang dipicu oleh vegetasi kering, angin kencang, kelembaban rendah, dan geografi.

Apakah perubahan iklim memainkan peran? Kebakaran hutan yang besar membutuhkan kondisi yang mencengangkan, seperti kecepatan dan arah angin yang menguntungkan, bahan bakar, medan dan, tentu saja, penyulutan, yang dapat sesederhana seperti trailer yang menimbulkan percikan api saat bergesekan dengan aspal jalan yang panas.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up