JawaPos Radar | Iklan Jitu

CIA Yakin Putra Mahkota Arab Saudi Terlibat Pembunuhan Khashoggi

18 November 2018, 12:43:12 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
khashoggi, khashoggi dibunuh, wartawan,
Gedung putih mengatakan bahwa CIA telah memberitahu Presiden Amerika Serikat (AS) Sonald Trump bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi (The Guardian)
Share this

JawaPos.com - Gedung putih mengatakan bahwa CIA telah memberitahu Presiden Amerika Serikat (AS) Sonald Trump bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, Trump membahas ini bersama Direktur CIA Gina Haspel dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melalui telepon.

CIA telah memberi penjelasan kepada bagian lain dari Pemerintah AS, termasuk Kongres AS tentang penilaiannya. Salah satu sumber mengatakan, sebuah perkembangan mempersulit upaya Trump untuk mempertahankan hubungan dengan sekutu utama AS itu.

Seorang sumber yang akrab dengan penilaian CIA mengatakan, hal itu sebagian besar didasarkan pada bukti tidak langsung yang berkaitan dengan peran sentral MBS dalam menjalankan pemerintahan Saudi. Temuan CIA ini adalah penilaian AS yang paling definitif, dan bertentangan dengan pernyataan Pemerintah Saudi bahwa MBS tidak terlibat.

khashoggi, khashoggi dibunuh, wartawan,
Trump ingin mempertahankan kesepakatan persenjataan dengan Saudi, meskipun ada oposisi yang menentang di Kongres AS (Middle East Observer)

Sebelum ke Kalifornia pada Minggu, (18/11), Trump menegaskan kembali bahwa dia telah diberitahu kalau MBS tidak memainkan peran dalam kematian wartawan.

"Kami belum mendapat penjelasan," kata Trump dilansir dari Channel News Asia pada Minggu, (18/11). "Kita akan berbicara dengan CIA nanti dan banyak lagi. Aku akan melakukan itu ketika aku di pesawat. Aku akan berbicara juga dengan Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo," tambahnya.

Trump dan pejabat tinggi mengatakan, Arab Saudi harus dimintai pertanggungjawaban atas keterlibatan apa pun dalam kematian Khashoggi. Saudi juga telah menjatuhkan sanksi terhadap 17 warga Saudi karena peran mereka dalam pembunuhan itu.

Tetapi mereka juga menekankan pentingnya hubungan Washington dengan Riyadh, salah satu klien terbesar industri pertahanan AS. Trump ingin mempertahankan kesepakatan persenjataan dengan Saudi, meskipun ada oposisi yang menentang di Kongres AS.

"Mereka telah menjadi sekutu yang benar-benar spektakuler dalam hal pekerjaan dan pembangunan ekonomi," kata Trump. "Sebagai presiden, saya harus mempertimbangkan banyak hal," tambahnya.

Khashoggi, kolumnis Washington Post yang berbasis di AS dan kritikus utama MBS, tewas pada bulan Oktober di Konsulat Saudi di Istanbul ketika dia pergi ke sana untuk mengambil dokumen yang dia butuhkan untuk pernikahannya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up