alexametrics

Sikap Donald Trump Bikin Geram

18 Oktober 2019, 19:16:38 WIB

JawaPos – Wakil Presiden AS Mike Pence tiba di Turki, Kamis (17/10). Presiden Recep Tayyip Erdogan tidak menemuinya. Bersamaan dengan itu, jagat maya ramai membicarakan surat yang Presiden Donald Trump kirimkan ke Turki pada 9 Oktober lalu, saat Operasi Spring Peace bermula.

Portal Middle East Eye melaporkan bahwa Turki langsung membalas surat Trump dengan tegas. “Kami buang surat tersebut ke tempat sampah,” terang seorang pejabat Turki sebagaimana dikutip Al Jazeera.

Begitu foto surat Trump beredar luas, Gedung Putih panen kritik. “Jangan keras kepala. Jangan bodoh,” tulis pemimpin 73 tahun tersebut seperti dilansir Agence France-Presse. Saat itu dia berusaha mencegah invasi Turki ke wilayah Kurdi. Tapi, Erdogan mengabaikan imbauan tersebut.

Bukan Trump namanya jika tidak membuat geram. Mereaksi sikap Erdogan, dia menarik mundur pasukan AS dari perbatasan. “Tentara kita tidak terancam. Itu sudah cukup,” ungkapnya. Dia menambahkan bahwa Kurdi bukanlah malaikat tanpa dosa yang harus dibela.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (bil/c22/hep)



Close Ads