JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kim Jong Un Bertemu Moon Jae In untuk Akhiri Perang Korea

18 September 2018, 13:14:48 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kim Jong Un, moon jae in, korut,
Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyambut Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In dengan pelukan hangat dan senyuman di Pyongyang pada Selasa, (17/9) (The Guardian)
Share this

JawaPos.com - Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyambut Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In dengan pelukan hangat dan senyuman di Pyongyang pada Selasa (17/9), waktu setempat. Keduanya akan membahas mengenai denuklirisasi dan mengakhiri Perang Korea.

Ratusan warga Korut mengenakan pakaian tradisional untuk menyambut Moon. Mereka membawa bunga dan melambai-lambaikan bendera Korea Utara. "Kami sangat menyambut kunjungan Presiden Moon Jae In ke Pyongyang!", tulis seseorang di poster penyambutan mereka.

Kedua pemimpin itu keluar dari kendaraan Mercedes hitam yang sama, dengan kursi belakang terbuka menuju Paekhwawon State Guest House, tempat Moon menginap. Wisma itu juga digunakan oleh dua mantan Presiden Korsel selama pertemuan puncak mereka dengan ayah Kim, Kim Jong Il, pada 2000 dan 2007.

Kim Jong Un, moon jae in, korut,
Kim Jong Un sudah mengambil langkah kecil. Ia akan melakukan denuklearisasi di masa jabatan pertama Presiden Trump. Itu dikatakannya hari Rabu (Infografis: Kokoh/JawaPos.com)

"Kim dan Moon akan mengadakan pembicaraan formal dari pukul 3.30 sampai 5 sore," kutip keterangan dari Blue House.

KTT antar-Korea ketiga kalinya antara Moon dan Kim akan menindaklanjuti pertemuan antara Kim dan Trump. Trump telah meminta Moon untuk menjadi negosiator utama antara dirinya dan Kim.

Moon mendarat di Bandara Internasional Sunan Pyongyang pada Selasa pagi, Moon disambut oleh Kim dan sang istri, Ri Sol Ju, serta pejabat tinggi Korea Utara lainnya. Kim Yo Jong, adik Kim, terlihat mempersiapkan pejabat untuk kedatangan Moon dan mendampingi Kim Jong Un dan istrinya.

Para pejabat eksekutif perusahaan Korea Selatan, termasuk Samsung Electronics, Wakil Ketua Jay Y. Lee dan kepala SK Group dan LG Group, akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Korea Utara Ri Ryong Nam, yang bertanggung jawab atas urusan ekonomi.

Pada Rabu esok, Moon dan Kim berencana mengadakan putaran kedua pembicaraan pejabat. Mereka diharapkan untuk mengungkap pernyataan bersama, dan pakta militer terpisah yang dirancang untuk meredakan ketegangan dan mencegah bentrokan bersenjata. Moon akan pulang lebih awal sekira Kamis.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up