alexametrics

1,3 Juta Orang Bakal Serbu Kandang Alien

Militer AS Tanggapi Ajakan Mendatangi Area 51
18 Juli 2019, 18:01:35 WIB

JawaPos.com – ”Serbu Area 51, mereka tidak bisa menghentikan kita semua.” Kalimat ajakan itu terpampang di Facebook Events. Si pengunggah mengajak orang-orang untuk bertemu di Lembah Amargosa pada 20 September mendatang mulai pukul 03.00. Bagi sebagian orang, ajakan tersebut hanyalah guyonan. Tapi, bagi yang percaya alien, itu merupakan ajakan untuk berburu bukti bahwa makhluk dari luar bumi tersebut nyata adanya.

Area 51 adalah fasilitas milik angkatan udara AS yang terletak di Nevada. Area itu tidak pernah diungkap CIA hingga 2013. Tidak pernah ada penjelasan detail fasilitas tersebut diperuntukkan buat apa.

Hanya disebutkan sebagai tempat latihan dan uji coba kendaraan udara serta sistem persenjataan.

Entah dari mana mulanya. Para penyuka teori konspirasi dan hal-hal berbau ekstraterestrial menyebut Area 51 sebagai “bandaranya” alien. Di situlah pesawat-pesawat alien mendarat dan lepas landas. Teori-teori itu mungkin lahir karena begitu rahasianya Area 51 tersebut. Tempat itu bahkan menginspirasi sejumlah film. Sebut saja Independence Day yang dirilis 1996 lalu dan Area 51 pada 2015.

Tak butuh waktu lama, ajakan tersebut menjadi viral. Lebih dari 1,3 juta orang sudah menyatakan diri untuk hadir. Sekitar satu juta lainnya menyatakan tertarik. Mereka sungguh-sungguh. Sebab, hotel dan tempat-tempat penginapan sudah penuh dipesan untuk 20 September. Alasan pemesanan hampir serupa. Ingin hadir di acara penyerbuan Area 51. Salah satu yang sudah penuh adalah Little A’le’Inn, sebuah hotel bertema alien di Nevada.

Siapa pun yang datang ke Area 51 harus memiliki stamina kuat. Letaknya jauh dari permukiman penduduk dan gersang. Tak ada toilet, apalagi supermarket. Itu belum termasuk jika sampai ketahuan masuk area terlarang dan tertangkap.

Ajakan tersebut awalnya mungkin dibuat hanya untuk bercanda. Pembuatnya adalah akun kreator meme Shitposting cause im in shambles. Di kolom diskusi acara itu juga dipenuhi meme lucu tentang alien. Orang yang datang nanti diajak lari gaya Naruto, yaitu berlari membungkuk dengan tangan di belakang.

Tapi, undangan tersebut kini bukan lelucon lagi. Setidaknya bagi Pasukan Angkatan Udara AS. Bisa jadi, satu juta orang yang berniat datang itu benar-benar muncul. Pencarian tentang Area 51 dan Nevada juga terus merangkak naik dan jadi pembicaraan di jejaring media sosial. Spekulasi bahwa FBI mulai melacak siapa saja yang bakal datang beredar. Salah seorang penyelenggara acara, Jackson Barnes, mencoba untuk cuci tangan.

“Halo pemerintah AS, ini hanya bercanda dan saya tidak berencana melanjutkan rencana ini. Saya hanya berpikir bahwa itu lucu dan akan membuat saya mendapatkan banyak like di internet,” tulisnya dalam unggahan yang disemat di halaman Facebook-nya.

Tapi, nasi sudah menjadi bubur. Juru Bicara Pasukan Angkatan Udara AS Laura McAndrews menuturkan kepada Washington Post bahwa mereka tahu ada acara menyerbu Area 51. Dia tidak mengungkapkan apa yang akan dilakukan kepada orang-orang yang benar-benar datang ke area terlarang tersebut. Yang jelas, mereka harus punya nyali cukup besar untuk menghadapi penjagaan pasukan militer AS.

McAndrews menegaskan bahwa Area 51 adalah area latihan untuk pasukan angkatan udara AS. Dia menyarankan militer bakal mencegah siapa saja yang mencoba datang ke area pelatihan itu. “Pasukan Udara AS selalu siap untuk melindungi Amerika dan aset-asetnya,” tegasnya. Masih mau bergabung mengikuti penyerbuan tersebut?

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (sha/c22/ayi)



Close Ads