JawaPos Radar

Penonton Piala Dunia Asal Nigeria Ingin Menetap di Rusia

18/07/2018, 18:35 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Penonton Piala Dunia Asal Nigeria Ingin Menetap di Rusia
Warga Nigeria enggan pulang ke negaranya usai Piala Dunia berakhir (Mirror)
Share this

JawaPos.com - Penggemar sepakbola dari seluruh dunia memeriahkan Piala Dunia di Rusia musim ini. Termasuk para penggemar sepakbola asal Nigeria.

Piala Dunia musim ini telah usai dengan Prancis keluar sebagai juara. Namun masih banyak warga Nigeria yang berada di Rusia. Mereka bahkan berkemah di luar Kedutaan Moskow.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari meminta 200 warganya untuk kembali ke Nigeria tetapi sayang menurut pihak berwenang mereka tidak memiliki tiket untuk pulang. Beberapa dari mereka bahkan berencana untuk menetap di Rusia selain tujuan utamanya adalah untuk mendukung tim Super Eagles.

Penonton Piala Dunia Asal Nigeria Ingin Menetap di Rusia
Rusia jadi negara impian warga Nigeria untuk hidup lebih baik (Sputnik)

Asisten Khusus Senior Presiden Garba Shehu bahkan mengatakan, Presiden Buhari telah memerintahkan Menteri Penerbangan dan Kementerian Luar Negeri untuk membawa mereka kembali. Untuk menutupi biaya memulangkan ratusan warga Nigeria tersebut, Gubernur Lagos Negara Akinwunmi Ambode terpaksa harus ikut menutupi biaya pengembalian 50 warga Nigeria.

Beberapa dari mereka mengatakan, mereka membayar sejumlah besar uang kepada agen untuk mendapatkan dokumen ID Fan yang dikeluarkan otoritas Rusia. ID tersebut dijanjikan sebagai dokumen perjalanan khusus selama Piala Dunia.

Sebagian dari mereka bahkan berencana untuk menjadi pemain sepakbola di Rusia. Termasuk dua bersaudara Ismail dan Sodiq Olamilekan yang sudah membayar sebesar USD 800 untuk dokumen ID tersebut.

Mereka diiming-imingi bahwa jika sudah mendapat ID tersebut mereka bisa mendapat pekerjaan bahkan menetap di Rusia. "Tapi kami menemukan itu adalah penipuan, mereka berbohong kepada kami," kata Ismail seperti dilansir CNN.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up