JawaPos Radar | Iklan Jitu

Trump Pisahkan Anak-anak dari Orang Tua Migran, Melania: Saya Tak Suka

18 Juni 2018, 15:10:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Trump Pisahkan Anak-anak dari Orang Tua Migran, Melania: Saya Tak Suka
Melania mengaku tak suka melihat anak-anak dipisahkan dari orangtuanya migran ilegal (Foot Wear News)
Share this

JawaPos.com - Ribuan imigran Meksiko mengalami banyak kesulitan, sekalipun hanya untuk menemukan tempat tinggal sementara yang layak usai masuk Amerika Serikat (AS). Baru-baru ini, Presiden AS Donald Trump mengeluarkan kebijakan baru yang memisahkan ribuan anak-anak migran dari orang tua mereka.

Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Melania Trump lantas angkat bicara soal kebijakan yang memisahkan orang tua dan anak-anak migran yang masuk ke AS secara ilegal dari Meksiko.

Melalui juru bicaranya, Melania Trump mengatakan, AS perlu menjadi negara yang bukan hanya mengikuti semua prosedur hukum. Namun juga menjadi negara yang mengatur dengan hati.

Trump Pisahkan Anak-anak dari Orang Tua Migran, Melania: Saya Tak Suka
Warga AS dan parlemen unjuk rasa menentang pemisahan anak-anak dengan orangtua migrannya (Reuters)

Komentarnya muncul setelah munculnya kontroversi yang berkembang mengenai kebijakan Presiden Donald Trump yang sama sekali tidak memiliki toleransi, seperti dilansir BBC pada Senin (18/6).

Selama enam minggu sudah ada 2 ribu migran yang terpisah dengan keluarganya. Para orang dewasa yang berhasil memasuki AS setelah menyeberangi perbatasan, kebanyakan langsung mencari tempat tinggal sementara yang layak untuk keluarga mereka.

Namun sayangnya kebanyakan dari mereka ditangkap dan kemudian ditempatkan di tahanan untuk menghadapi tuntutan pidana karena telah memasuki AS secara ilegal. Akibatnya ratusan anak-anak di bawah umur menjadi terlantar karena orang tuanya ditahan.

Kini anak-anak tersebut ditempatkan di pusat-pusat penahanan yang terpisah dari orang tua mereka. Kebijakan yang digalakkan Trump itu kemudian menuai banyak kritik dari kelompok-kelompok pembela hak asasi manusia karena kebijakan seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya.

Melania menyatakan, dirinya tak suka melihat anak-anak terpisah dari keluarga mereka dan berharap kedua sisi lorong Partai Republik dan Demokrat di Kongres nantinya akan bisa bersatu untuk mencapai kebijakan imigrasi yang sukses.

(ce1/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up