JawaPos Radar

Serangan Bom Saat Lebaran di Nigeria Tewaskan 31 Orang

18/06/2018, 11:25 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Serangan Bom Saat Lebaran di Nigeria Tewaskan 31 Orang
Ilustrasi serangan bom bunuh diri (New York Times)
Share this image

JawaPos.com - Puluhan orang tewas dalam serangan Boko Haram di Nigeria. Setidaknya 31 orang tewas setelah dua ledakan bunuh diri di bagian timur laut negara itu. Dilansir Al Jazeera pada Senin, (18/6), serangan diawali dengan ledakan yang merobek area pemerintahan Damboa, Provinsi Borno pada Sabtu malam dengan menargetkan orang-orang yang kembali dari merayakan Idul Fitri.

Setelah pengeboman bunuh diri, para penyerang menembakkan granat ke kerumunan yang berkumpul di tempat ledakan, mambuat jumlah korban lebih tinggi. "Ada dua serangan bom bunuh diri dan ledakan granat di Damboa yang menewaskan 31 orang dan menyebabkan beberapa orang terluka," kata seorang milisi yang membantu militer, Babakura Kola

Ledakan juga terjadi pada Sabtu di distrik Shuwari dan Abachari, yang berjarak sekitar 90 km dari Ibu Kota Maiduguri. "Serangan itu telah menghancurkan rumah-rumah kami. Selain itu 31 orang tak berdosa termasuk anak-anak dan orangtua tewas dalam serangan itu," kata penduduk lokal Modu Usman.

Lebih dari 20.000 orang tewas dan lebih dari dua juta orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka sejak 2009, ketika Boko Haram meluncurkan serangan. Pelaku bom bunuh diri ditempatkan di masjid, pasar, dan kamp-kamp perumahan orang-orang yang terlantar.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengatakan, era kekerasan Boko Haram secara bertahap akan berakhir. Namun, kelompok itu terus melancarkan serangan di wilayah timur laut negara itu.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up