JawaPos Radar

Ratusan Migran Telah Tiba di Spanyol Usai Ditolak

18/06/2018, 04:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Ratusan Migran Telah Tiba di Spanyol Usai Ditolak
Kapal pertama dari total tiga kapal yang membawa para migran telah memasuki pelabuhan (BBC)
Share this image

JawaPos.com - Ratusan migran tiba di Spanyol setelah sebelumnya ditolak dan terombang-ambing karena tidak memiliki tempat tinggal yang layak walaupun hanya untuk sementara. Pelabuhan Valencia di Spanyol dipenuhi rombongan migran yang berhasil diselamatkan dari Laut Mediterania setelah ditolak oleh Italia dan Malta.

Kapal pertama dari total tiga kapal yang membawa para migran telah memasuki pelabuhan setelah fajar terbit. Sebanyak 629 migran yang berhasil diselamatkan oleh Kapal Aquarius di dekat Libya akhir pekan lalu mulai menuruni kapal.

Masuknya ratusan migran datang ke Spanyol disambut baik dengan bukti pejabat setempat menyatakan siap memberikan dukungan. Pemerintah sosialis Spanyol telah menjanjikan perawatan kesehatan gratis sekaligus akan menyelidiki setiap kasus suaka atau tempat tinggal sementara para migran di negara-negara yang mereka masuki.

"Tugas kami untuk membantu menghindari bencana kemanusiaan dan menawarkan pelabuhan yang aman bagi orang-orang ini. Juga untuk memenuhi kewajiban hak asasi manusia," ujar Perdana Menteri Pedro Sanchez.

Setelah kapal pertama yang membawa para migran, sebuah kapal penjaga milik Italia, Dattilo memasuki pelabuhan Valencia pukul 06:20 waktu setempat, kapal tersebut membawa sebanyak 274 migran seperti dilansir BBC, Minggu, (17/6).

Kapal Orine dan Aquarius yang merupakan kapal Italia kedua akan membawa sisa orang dari kelompok migran. Sebanyak 1.000 pekerja Palang Merah berada di dermaga Valencia untuk membantu membawa masuk para migran.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up