alexametrics

Hasil Investigasi AS: Pesawat China Eastern Jatuh karena Kesengajaan

18 Mei 2022, 16:40:19 WIB

JawaPos.com – Hasil investigasi Amerika Serikat mengumumkan jatuhnya pesawat Boeing milik China Eastern Airlines di Tiongkok beberapa waktu lalu diduga disengaja. Insiden tersebut menewaskan semua penumpang yakni 132 orang. Dugaan itu muncul setelah investigasi dilakukan pada perekam kotak hitam dari Boeing 737-800.

Perekam kotak hitam dari Boeing 737-800 menunjukkan input yang disengaja dari kokpit. Pesawat China Eastern Airlines yang jatuh pada Maret lalu, menewaskan 132 orang, diduga sengaja diterbangkan ke lereng gunung di bawah kendali seseorang.

Analisis oleh pejabat AS dari kotak hitam perekam penerbangan yang ditemukan di tengah puing-puing menunjukkan kecelakaan disengaja dari kokpit. Dan membuat pesawat Boeing 737-800 mengalami kecelakaan.

“Pesawat itu melakukan apa yang diperintahkan oleh seseorang di kokpit,” kata sumber Wall Street Journal.

Pesawat China Eastern melaju pada ketinggian dan kecepatan yang stabil sebelum tiba-tiba turun lebih dari 20.000 kaki hanya dalam satu menit, dan jatuh di dekat kota Wuzhou di provinsi Guangxi. Penyelidik Tionkok telah memimpin penyelidikan kecelakaan dan pejabat AS terlibat karena pesawat itu buatan AS.

Sementara kesalahan dalam desain model 737-Max Boeing belakangan berada di balik dua bencana fatal pada 2018 dan 2019, yang menyebabkan model itu di-grounded di seluruh dunia. Regulator udara Tiongkok belum berkomentar soal hasil investigasi AS tersebut.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads