alexametrics

PBB: 80 Juta Anak Indonesia Masih Terancam Gizi Buruk

18 April 2018, 19:51:12 WIB

JawaPos.com – Kasus gizi buruk rupanya masih mengancam masyarakat Indonesia. Meski ekonomi dan produktivitas pangan di Indonesia meningkat, namun sebanyak 80 juta anak Indonesia rawan terkena gizi buruk.

Hal tersebut diungkapkan Pelapor Khusus untuk Hak Atas Pangan PBB Hilal Elver. Menurut dia, gizi buruk ini termasuk kurus yang mengakibatkan anak-anak mengalami stunting, juga kelebihan berat badan atau obesitas.

Elver mengungkapkan, permasalahan utama gizi buruk adalah orang Indonesia kelebihan konsumsi makanan pokok sehingga tidak cukup buah dan sayuran. Harga pangan yang tinggi juga merupakan faktor gizi buruk terjadi di Indonesia.

“Menurut program pangan dunia, masih sepertiga penduduk Indonesia tidak mampu membeli makanan seimbang yang memenuhi kebutuhan gizi minimum,” kata Elver ketika ditemui di kantor UNHCR PBB di Indonesia, Jakarta, Rabu (18/4).

Selama 10 hari kunjungannya, Elver bertemu dengan berbagai kementerian, pemerintah daerah, dan lembaga. Menurutnya, Indonesia sudah memiliki kebijakan untuk mengatasi masalah gizi buruk, namun perlu ada implementasi yang konkret dan efektif agar semua berjalan dengan adil.

“Daerah-daerah tertentu perlu diperhatikan. Anak-anak, ibu menyusui dan ibu hamil, masyarakat adat, orang-orang yang hidup dalam kemiskinan dan daerah terpencil sangat rentan masalah ini,” ujarnya.

Dia memberi contoh dengan apa yang baru saja terjadi di Indonesia yaitu kasus gizi buruk di Asmat. Menurut data, sebanyak 72 anak meninggal dengan rincian 66 campak dan 6 gizi buruk.

“Kematian mereka disebabkan oleh kerawanan pangan dan kurangnya akses pada layanan kesehatan yang layak,” katanya. “Kematian mereka dapat dicegah sejak awal, tetapi hal itu dibiarkan,” tambahnya.

Sejauh ini, lanjut Elver, sudah ada komitmen pemerintah Indonesia agar kasus tersebut tidak terjadi. SDia lantas mengingatkan perlu ada implementasi dan harus ada tindakan segera untuk mengatasi krisis pangan di Papua.

“Pemerintah Indonesia harus mencari akar penyebab masalah pangan ini. Apa? Yaitu kemiskinan, pengagguran, pendidikan dan mata pencaharian umum,” jelasnya.

Sekitar 9 juta anak di Indonesia di bawah lima tahun mengalami stunting. Pada 2015, hampir 30 persen anak di Indonesia mengalami stunting, gizi buruk pada ibu hamil juga merupakan permasalah serius terutama ibu menyusui.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : (iml/JPC)


Close Ads
PBB: 80 Juta Anak Indonesia Masih Terancam Gizi Buruk