alexametrics

Jalur Kereta Maya Tembus Hutan Murni di Meksiko

17 Desember 2018, 13:43:10 WIB

JawaPos.com – Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador meluncurkan pembangunan jalur Kereta Maya, sebuah proyek ambisius untuk membangun kereta api melalui lima negara bagian tenggara Meksiko akhir pekan kemarin (Minggu, 16/12).

Dalam upacara adat yang digelar di dekat reruntuhan Maya Kuno Palenque, Meksiko, Obrador mengatakan, peluncuran kereta ini akan membantu menciptakan ratusan ribu lapangan pekerjaan baru.

Proyek ini sendiri diperkirakan akan menelan biaya hingga 7,4 miliar dolar AS untuk empat tahun ke depan.

meksiko, kereta maya, maya,
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador meluncurkan pembangunan jalur Kereta Maya, sebuah proyek ambisius untuk membangun kereta api melalui lima negara bagian tenggara Meksiko akhir pekan (Mexico News)

BBC mengabarkan, jalur kereta sepanjang 1.525 km yang akan dibangun itu rencananya akan menghubungkan Palenque dan resor wisata Cancun di Pantai Karibia.

Sejumlah kelompok aktivis menentang pembangunan ini karena dinilai bisa merusak biosfer penting di kawasan itu. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), bukan tanpa alasan ini diprotes sebab rute yang direncanakan melewati hutan murni di negara tersebut.

Sedangkan pemilik tanah dan orang-orang suku Maya yang tinggal di daerah tersebut mengaku belum diajak konsultasi.

Tetapi Obrador menepis kekhawatiran tersebut dan menjanjikan bahwa pembangunan tidak akan menyebabkan penebangan pohon.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (met/JPC)



Close Ads
Jalur Kereta Maya Tembus Hutan Murni di Meksiko