JawaPos Radar | Iklan Jitu

Australia tak Akan Pindahkan Kedutaan Besar dari Tel Aviv

17 Desember 2018, 05:10:59 WIB
australia, tel aviv, kedutaan besar,
Kedutaan Besar Autralia di Indonesia memberikan pernyataan terkait pemerintahannya yang mengakui Yerusalem Barat sebagai Ibu Kota Israel (Pixabay)
Share this

JawaPos.com - Kedutaan Besar Autralia di Indonesia memberikan pernyataan terkait pemerintahannya yang mengakui Yerusalem Barat sebagai Ibu Kota Israel. Dalam pernyataan tertulis yang diterima JawaPos.com pada Minggu (16/12) tersebut, ada empat elemen yang disampaikan.

Pertama, Australia tetap berkomitmen untuk solusi dua negara dan pembentukan Negara Palestina, yang tetap merupakan satu-satunya jalur untuk menyelesaikan sengketa Israel-Palestina.

Kedua, Australia tidak akan memindahkan Kedutaan Besar mereka dari Tel Aviv. "Kedutaan Besar Australia di Israel tidak akan dipindahkan ke Yerusalem Barat sampai status final Yerusalem telah diputuskan melalui negosiasi antara Palestina dan Israel," kutip pernyataan tersebut.

australia, tel aviv, kedutaan besar,
Pertama, Australia tetap berkomitmen untuk solusi dua negara dan pembentukan Negara Palestina, yang tetap merupakan satu-satunya jalur untuk menyelesaikan sengketa Israel-Palestina (AFP)

Ketiga, Australia mengakui Yerusalem Barat, sebagai tempat parlemen Israel dan banyak lembaga pemerintahan, sebagai Ibu Kota Israel.

Keempat, sesuai dengan komitmen kami untuk solusi dua negara (two-state solution), Pemerintah Australia mengakui aspirasi rakyat Palestina untuk sebuah negara masa depan dengan Ibu Kota di Yerusalem Timur.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Scott Morisson mengakui Yerusalem Barat sebagai Ibu Kota Israel pada Sabtu (15/12). Morisson belum akan memindahkan kedutaan besarnta dari Tel Avib ke Yerusalem Barat, namun Morrison mengatakan bahwa untuk sementara Australia akan mendirikan sebuah kantor pertahanan dan perdagangan di Yerusalem Barat.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : (iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up