alexametrics

Paxlovid, Obat Covid-19 dari Pfizer yang Siap Diluncurkan

17 November 2021, 17:17:46 WIB

JawaPos.com – Produsen Pfizer siap meluncurkan obat Covid-19 berupa pil antivirus. Obat itu akan dipasok ke 95 negara berpenghasilan rendah dan menengah melalui perjanjian lisensi dengan kelompok kesehatan masyarakat internasional, Medicines Patent Pool (MPP). Diharapkan obat tersebut menjadi strategi lain dalam penanganam Covid-19 selain vaksin.

Pfizer akan menjual pil yang diproduksinya dengan nama merek Paxlovid. Pfizer, yang juga membuat salah satu vaksin Covid-19 mengatakan pil itu mengurangi kemungkinan rawat inap atau kematian bagi orang dewasa yang berisiko penyakit parah hingga 89 persen dalam uji klinisnya. Obat tersebut digunakan dalam kombinasi dengan ritonavir, obat HIV yang sudah tersedia secara umum.

Kesepakatan lisensi Pfizer mengikuti pengaturan serupa oleh saingannya, produsen Merck & Co yang juga meluncurkan Molnupiravir.

“Kami sangat senang memiliki senjata lain untuk melindungi orang dari kerusakan akibat Covid-19,” kata Direktur Eksekutif Medicines Patent Pool, Charles Gore, seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (17/11). Gore mengatakan dia berharap versi generik obat Pfizer akan tersedia dalam beberapa bulan.

Sementara, Kepala Pfizer Eksekutif Albert Bourla mengatakan antivirus oral dapat memainkan peran penting dalam mengurangi keparahan infeksi Covid-19.

“Kita harus bersama-sama untuk memastikan bahwa semua orang memiliki akses mendapatkan obat ini,” kata Albert Bourla.

Pfizer akan membebaskan royalti atas penjualan di negara-negara berpenghasilan rendah. Meski begitu, pembuat obat itu menargetkan mencoba memasok 47 persen populasi dunia.

Seorang eksekutif Pfizer mengatakan pekan lalu pasar obat itu mungkin mencapai 150 juta orang. Dan banyak negara mungkin juga tertarik untuk membeli dosis untuk cadangan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: