JawaPos Radar

Terkait Khashoggi, Turki Terus Cari Rumah Konsul Jenderal Arab Saudi

17/10/2018, 19:20 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Khashoggi, AS, arab saudi, trump, turki,
Turki terus mencari kediaman resmi Konsul Jenderal Arab Saudi. Ini terjadi karena adanya penundaan terus menerus dari pihak Saudi (Middle East Eye)
Share this

JawaPos.com - Turki terus mencari kediaman resmi Konsul Jenderal Arab Saudi. Ini terjadi karena adanya penundaan terus menerus dari pihak Saudi. Tekanan meningkat kepada Saudi untuk menjawab dugaan pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, polisi Turki akan mencari kediaman resmi Konsul Jendral Saudi dan mobilnya pada Rabu, (17/10).

"Mereka (Saudi), sayangnya tidak ingin kami mencari tempat tinggalnya tadi malam karena keluarganya ada di dalam," kata Cavusoglu dilansir dari Middle East Eye.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, turki,
Tekanan meningkat kepada Saudi untuk menjawab dugaan pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi (AFP)

"Kami memiliki perwakilan dari kementerian luar negeri kami di Istanbul yang sedang berdiskusi dengan Saudi untuk membantu jaksa," tambahnya.

Komentar Cavusoglu mengikuti pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di bandara Esenboga, Ankara, pada Rabu (17/10) pagi.

Dia menambahkan, Pompeo dan Erdogan membahas kasus Khashoggi, Manbij dan masalah bilateral lainnya. Erdogan menggunakan pertemuan itu untuk ekstradisi Fethullah Gulen ke Turki dan untuk membahas ancaman gerakan Gulen.

Pertemuan yang dihadiri oleh Cavusoglu, kepala intelijen Turki Hakan Fidan dan juru bicara Erdogan, Ibrahim Kalin, berlangsung selama 40 menit. Wakil Khusus AS untuk Syria James Jeffrey dan Wakil Menteri Urusan Politik David Hale juga hadir pada pertemuan dengan Erdogan.

Setelah pertemuan dengan Erdogan, Pompeo juga melakukan percakapan terpisah dengan Cavusoglu yang berlangsung selama 35 menit.

Penyelidik TKP Turki melakukan pencarian delapan jam pada Senin malam dalam penyelidikan untuk melihat apa yang terjadi pada Khashoggi, yang terakhir terlihat memasuki Konsulat Saudi pada 2 Oktober.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up