JawaPos Radar

Pengawal Putra Raja Salman Diduga Tersangka Pembunuh Khashoggi

17/10/2018, 14:34 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Khashoggi, AS, arab saudi, trump, raja salman,
Seorang tersangka yang diidentifikasi oleh Turki atas menghilangnya jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, sering menjadi pengawal putra Raja Salman, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) (AFP)
Share this

JawaPos.com - Seorang tersangka yang diidentifikasi oleh Turki atas menghilangnya jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, sering menjadi pengawal putra Raja Salman, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS). Tiga tersangka lainnya berhubungan dengan petugas keamanan MBS dan yang kelima adalah dokter forensik.

Khashoggi, seorang warga Saudi yang jadi wartawan The Washington Post sering mengritik kebijakan putra Raja Salman tersebut, MBS. Dia belum terlihat sejak 2 Oktober, ketika dia pergi ke konsulat Saudi di Istanbul untuk mendapatkan dokumen resmi untuk pernikahannya yang akan datang.

Sumber Pemerintah Turki mengatakan, polisi yakin wartawan itu dibunuh oleh tim khusus dari 15 pejabat Saudi yang dikirim ke Istanbul. Namun Riyadh bersikeras bahwa ia meninggalkan konsulat dengan aman.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, raja salman,
Khashoggi, seorang warga Saudi yang jadi wartawan The Washington Post sering mengritik kebijakan putra Raja Salman tersebut, MBS (Samarew)

The Times mengatakan, setidaknya sembilan dari 15 orang tersebut bekerja untuk layanan keamanan Saudi, militer atau kementerian pemerintah lainnya. Surat kabar itu juga mengatakan telah mengumpulkan lebih banyak informasi tentang para tersangka melalui perangkat lunak pengenal wajah, basis data nomor ponsel Saudi, membocorkan dokumen Pemerintah Saudi, saksi dan media.

Salah satu tersangka, Maher Abdulaziz Mutreb, adalah seorang diplomat yang ditugaskan ke kedutaan Saudi di London pada 2007. Mutreb, mungkin seorang pengawal, fotonya muncul dari pesawat dengan MBS pada perjalanan terakhir ke Madrid dan Paris.

Ia menambahkan, Mutreb juga terlihat sebagai penjaga dan berdiri selama kunjungan MBS di Amerika Serikat ke Houston, Boston dan PBB.

Times mengatakan tiga tersangka lainnya adalah Abdulaziz Mohammed Al Hawsawi, Thaar Ghaleb Al Harbi, dan Muhammed Saad Alzahrani, anggota tim keamanan yang melakukan perjalanan dengan MBS.

"Harbi dan Alzahrani memiliki nama yang sama dengan dua orang yang telah diidentifikasi sebagai anggota Garda Kerajaan Saudi," kata Times.

Tersangka kelima adalah seorang ahli otopsi, Salah Al Tubaigy, yang disebut Times mengidentifikasi dirinya di akun Twitter-nya sebagai kepala Dewan Ilmiah Ilmiah Saudi. Dia juga memegang posisi tinggi di Kementerian Dalam Negeri dan sekolah kedokteran terbaik kerajaan.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up