JawaPos Radar

Kereta Cepat Malaysia-Singapura Terancam Batal Dibangun

17/07/2018, 15:30 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kereta Cepat Malaysia-Singapura Terancam Batal Dibangun
Kereta Cepat Malaysia-Singapura terancam batal dibangun (Channel News Asia)
Share this

JawaPos.com - Malaysia akan mengirim perwakilan resmi ke Singapura untuk membahas proyek kereta api cepat alias high speed reel (HSR) Kuala Lumpur-Singapura pada akhir bulan ini. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perekonomian Malaysia Mohamed Azmin Ali pada Senin, (16/7).

"Saya sedang berkomunikasi dengan mitra kami di Singapura. Pekan lalu, saya diberi pengarahan oleh jaksa agung kami dan menyerahkan kasus ini kepada Kabinet pada hari Rabu,” ujar Mohamed seperti dilansir Channel News Asia.

Menurutnya, mereka akan bertemu dengan mitra Singapura segera dan akan membahas rinciannya.

Kereta Cepat Malaysia-Singapura Terancam Batal Dibangun
Mahathir Mohamad mengatakan, kereta cepat Malaysia-Singapura tak menguntungkan negaranya (Reuters)

Menteri Transportasi Singapura Khaw Boon Wan mengatakan, belum ada balasan atas catatan diplomatik Singapura yang dikirim pada 1 Juni untuk meminta klarifikasi mengenai masalah kereta api cepat Malaysia-Singapura. "Sambil menunggu, biaya yang dikeluarkan terus meningkat dengan cepat," katanya.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan, pemerintahnya akan menghentikan proyek HSR. Sebab proyek tersebut tidak akan menguntungkan Malaysia.

Sejak pengumuman itu dibuat, Singapura belum menerima pemberitahuan resmi tentang rencana Malaysia untuk membatalkan proyek tersebut.

Berdasarkan perkiraan awal, Pemerintah Singapura telah menghabiskan lebih dari SGD 250 juta untuk proyek HSR pada akhir Mei tahun ini.

Mahathir mengatakan, Malaysia belum memberikan pemberitahuan kepada Singapura secara utuh. "Namun mereka tahu apa yang kami ingin lakukan," katanya.

Singapura mengatakan, akan menggunakan haknya atas kompensasi jika proyek HSR dihentikan.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up