alexametrics

Lewat Teleskop Sky Eye, Tiongkok Klaim Terima Sinyal Peradaban Alien

17 Juni 2022, 14:02:33 WIB

JawaPos.com – Tiongkok mengklaim bahwa teleskop Sky Eye telah berhasil menerima sinyal jejak dari peradaban alien. Hal itu berdasar laporan yang baru-baru ini di-posting, namun kemudian dihapus kembali oleh para ilmuwan Tiongkok.

Para astronom di Beijing Normal University mengklaim telah menemukan beberapa kasus kemungkinan jejak teknologi dan peradaban luar angkasa dari luar Bumi. Ini menurut sebuah laporan yang diterbitkan Selasa (14/6) di Science and Technology Daily, surat kabar resmi Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok.

Sinyal tersebut ditangkap oleh Aperture Spherical radio Telescope (FAST), lima ratus meter tingginya dari daratan Tiongkok yang dijuluki Sky Eye yang merupakan teleskop radio terbesar di dunia. Sky Eye sendiri mulai bekerja memindai luar angkasa untuk mencari sinyal radio yang dapat mengindikasikan kehidupan di luar bumi pada 2019. Kemudian menyaring data pada 2020 dan para peneliti mengatakan mereka melihat dua pita (frekuensi) sempit yang mencurigakan.

Sinyal radio tersebut memang diragukan sebagai sinyal buatan atau gangguan sinyal radio. Kemudian, pada 2022, survei ditargetkan terhadap planet ekstrasurya yang diketahui menemukan sinyal radio pita sempit yang aneh lagi. Jumlahnya berlipat menjadi tiga.

Tak lama setelah diunggah, berita tersebut populer di jejaring sosial Weibo dan diambil media lain. Namun, Bloomberg mengatakan media tersebut akhirnya menghapus laporan tak lama setelah diunggah. Tidak dijelaskan mengapa berita penemuan alien itu hilang.

“Teleskop Sky Eye mungkin telah menangkap tanda-tanda kehidupan di luar Bumi, menurut laporan Science and Technology Daily yang didukung negara, yang kemudian tampaknya menghapus laporan dan unggahan mengenai penemuan itu,” ungkap Bloomberg.

Sementara MailOnline menuliskan bahwa mereka telah menghubungi Observatorium Astronomi Nasional Tiongkok untuk memberikan komentar. Namun sayang, mereka belum mendapat jawaban.

Sebagai informasi, Sky Eye memiliki diameter mencapai 500 meter dan memiliki potensi terbaik untuk menemukan kehidupan alien. Diluncurkan September 2020, teleskop itu punya tugas khusus mencari sinyal komunikasi antarbintang yang menunjukkan kehidupan alien dan exoplanet yang berpotensi layak huni.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads