alexametrics

Hadapi Sanksi AS, Xi Jinping Tunjuk Orang Kepercayaan Ahli Teknologi

17 Juni 2021, 23:33:12 WIB

JawaPos.com – Presiden Tiongkok Xi Jinping berambisi untuk swasembada teknologi pembuatan chip. Dia menunjuk seorang deputi utama perekonomian untuk mengatasi sanksi AS. Ahli bernama Liu He ditunjuk karena piawai di bidang perdagangan hingga keuangan dan teknologi.

Dia ditunjuk untuk mempelopori pengembangan kemampuan chip generasi ketiga. Dia dipercaya memimpin perumusan serangkaian dukungan keuangan dan kebijakan untuk teknologi.

Liu He dipilih untuk menghadapi industri pembuatan chip AS dan sekutunya. Sanksi yang muncul selama kepresidenan Donald Trump, telah mencekik bisnis smartphone untuk bermigrasi ke teknologi fabrikasi wafer yang lebih maju dan itu mengancam perusahaan Tiongkok.

Baca juga: Warga Tibet Fanatik terhadap Xi Jinping dan Berjanji untuk Setia

“Tiongkok adalah pengguna chip terbesar di dunia, jadi keamanan rantai pasokan menjadi prioritas utama,” kata kepala analis di perusahaan riset ICwise, Gu Wenjun.

‘Tidak mungkin bagi negara mana pun untuk mengendalikan seluruh rantai pasokan, tetapi upaya suatu negara jelas lebih kuat daripada satu perusahaan,” tambahnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads