JawaPos Radar

Venezuela Kembali Terancam Diserang Wabah Polio

17/06/2018, 15:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Venezuela Kembali Terancam Diserang Wabah Polio
Wabah polio kembali menyerang anak-anak di wilayah miskin Venezuela (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Wabah polio kembali menyerang anak-anak di wilayah miskin Venezuela. Setelah beberapa dekade kasus polio yang hebat berhasil diberantas, kini wabah polio kembali masuk ke Venezuela.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan tes terkait dugaan tersebarnya kasus penyakit polio yang mengancam kelumpuhan anak-anak di Venezuela. Mantan Menteri Kesehatan Venezuela mengatakan, polio telah diberantas selama beberapa dekade di negara yang dilanda krisis tersebut. Kasus polio akut di Venezuela terjadi terakhir pada 1989 seperti dilansir AFP, Sabtu, (16/6).

Kekhawatiran polio kembali merebak di Venezuela muncul setelah seorang anak laki-laki yang berusia dua tahun dari daerah pedesaan yang miskin ditemukan menderita gejala kelumpuhan akut flaccid pada 29 April. Ini menurut pernyataan yang disampaikan WHO.

Menurut informasi, bocah laki-laki itu tinggal di sebuah komunitas dengan cakupan vaksinasi yang rendah di bagian Delta Amacuro dan sedang diperiksa untuk menentukan penyebab alternatif untuk kelumpuham yang dialaminya.

Polio dapat dipicu oleh sejumlah faktor dan penyakit yang berbeda. Menurut WHO, mereka telah mencatat kasus seperti itu dan jarang terjadi.

"Tidak ada resiko penyebaran ke komunitas atau wabah polio dari kasus tersebut," tambah WHO.

Venezuela mengalami kekurangan obat-obatan dan bahan makanan yang parah akibat krisis ekonomi yang melumpuhkan negara tersebut selama bertahun-tahun. Hal tersebut membuat komunitas internasional menyalahkan Presiden Nicolas Maduro.

Ibu Kota Venezuela, Caracas bahkan tidak memiliki 85 persen dari persediaan medis dasar yang dibutuhkan termasuk vaksin.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up