alexametrics

Di Inggris, Ortu Pasien Hepatitis Bisa Menuntut jika Telat Ditangani

17 Mei 2022, 06:19:51 WIB

JawaPos.com – Orang tua di Inggris yang anaknya sakit karena hepatitis misterius dan menerima diagnosis terlambat berhak untuk menuntut terkait kelalaian. Hingga saat ini, total 163 anak di Inggris telah didiagnosis terkena hepatitis misterius. Dan, 11 di antaranya telah menerima transplantasi hati. Saat ini 13 anak dirawat di rumah sakit.

“Karena kasus-kasus di Inggris telah diidentifikasi, ada potensi bahwa dokter dan petugas medis dalam tugasnya terlewat dan akan mengarah pada diagnosis serta pengobatan hepatitis sebelumnya,” kata pengacara khusus kelalaian klinis Jonathan Peacock.

“Masalah dari sudut pandang kelalaian adalah jika Anda melewatkan gejala, yang seharusnya membawa pasien ke diagnosis hepatitis lebih awal. Akibatnya, anak tidak diobati dan hasilnya lebih buruk, maka Anda (petugas medis) berpotensi lalai,” imbuhnya.

Ada dua hal yang bisa dituntut. Pertama apakah diagnosis perawatan, pengobatan, intervensi. Atau pelanggaran tugas kehati-hatian dan membuat pasien dirugikan.

Direktur klinis dan infeksi di Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), dr. Meera Chand mengatakan Pusat Kesehatan Nasional (NHS) Inggris memiliki jaringan ahli yang merawat anak-anak dengan kelainan hati dan anak-anak ini didiagnosis dan dirawat pada saat mereka tidak sehat. Peran UKHSA adalah untuk menghubungkan kasus-kasus untuk mengidentifikasi pola dan memahami bagaimana kasus-kasus ini terhubung dan apa yang mendorong peningkatan hepatitis.

Anak-anak yang terkena kelainan hati telah diskrining, tetapi penyebabnya belum terdeteksi. Para pejabat sedang menyelidiki kemungkinan hubungan dengan adenovirus, yang telah menjadi patogen yang paling sering terdeteksi dalam 163 kasus.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads