alexametrics

PM Jepang Yoshihide Suga Kunjungi AS, Bahas Terkait Tiongkok

Jadi Tamu Pertama Joe Biden
17 April 2021, 10:36:39 WIB

JawaPos.com – Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga berkunjung ke Gedung Putih pada Jumat (16/4). Dia sudah menginjakkan kaki di Amerika Serikat (AS) sejak Kamis petang (15/4). Suga menjadi pemimpin negara pertama yang berkunjung sejak Presiden Joe Biden dilantik. Banyak pihak menduga kekhawatiran tentang persaingan yang ditimbulkan Tiongkok akan menjadi pusat pembicaraan.

Keputusan Biden untuk mengundang Suga sebagai tamu pertamanya mencerminkan prioritas barunya pada aliansi AS. Dia juga berencana mengundang Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in pada Mei nanti. Dua negara macan Asia tersebut sama-sama bermasalah dengan Tiongkok. Biden juga berkali-kali menekankan bahwa kebangkitan Tiongkok adalah tantangan paling mendesak bagi AS.

”AS hanya bisa efektif di Asia jika hubungan AS-Jepang kuat serta Jepang tenang dan stabil,” ujar salah satu pejabat Gedung Putih kepada Agence France-Presse.

Biden dan Suga berencana menggelar konferensi pers resmi di Rose Garden. Mereka diharapkan mengumumkan inisiatif 5G senilai USD 2 miliar (Rp 29,16 triliun). Proyek itu adalah bagian dari dorongan AS untuk bersaing dengan Tiongkok.

Tiongkok memang melangkah lebih dulu untuk teknologi 5G, yaitu lewat perusahaan Huawei. AS berusaha menjegal dengan mengatakan bahwa teknologi yang dibawa Tiongkok adalah ancaman keamanan dan provokasi di dunia yang demokratis.

Dua pemimpin negara itu juga akan membahas peningkatan ketegangan di Taiwan. Belakangan ini wilayah udara Taiwan terus-menerus dilewati Tiongkok. Langkah yang diambil Negeri Panda tersebut adalah peringatan atas kedekatan AS dan Taiwan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (sha/c9/bay)

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads