alexametrics

Mantan Direktur FBI Sebut Trump Secara Mental tak Layak Jadi Presiden

17 April 2018, 09:01:00 WIB

JawaPos.com – Mantan Direktur FBI James Comey mengatakan, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara mental dan moral tidak layak menjadi seorang presiden. Ia memberi contoh salah satunya adalah Trump memperlakukan perempuan layaknya sepotong daging.

Ini merupakan wawancara televisi pertamanya sejak ia dipecat oleh Trump pada 2017. Ia mengatakan kepada ABC News via BBC bahwa Trump selalu bohong dan menghalang-halangi keadilan.

“Saya pikir dia tidak sehat secara medis untuk menjadi presiden. Saya pikir dia secara moral tidak layak menjadi presiden,” katanya.

“Presiden kita harus mewujudkan rasa hormat dan mematuhi nilai-nilai yang merupakan inti dari negara ini. Yang paling penting adalah kebenaran. Presiden ini tidak mampu melakukan itu,” tambah.

Trump mengecam pernyataan Comey dan bukunya yang berjudul ‘A Higher Loyalty: Truth, Lies, and Leadership’ di Twitter dengan mengatakan, Comey adalah Direktur FBI yang terburuk dalam sejarah.

Setelah wawancara ditayangkan, partai Trump melalui Komite Nasional Partai Republik, merilis pernyataan yang mengatakan, Comey akan melakukan apapun agar buku barunya terjual.

Perseteruan antar keduanya terjadi ketika Comey dipecat oleh Trump pada Mei tahun lalu saat FBI sedang menyelidiki kemungkinan hubungan antara kampanye Presiden Trump pada tahun 2016 dan dugaan Rusia ikut campur dalam pemilu Amerika.

“Dia meminta kesetiaan saya secara pribadi sebagai direktur FBI. Kesetiaan saya seharusnya untuk rakyat Amerika dan institusi,” kata Comey.

Trump menjawab di Twitter, “Saya tidak pernah meminta Comey untuk loyal secara pribadi. Saya bahkan tidak mengenal orang ini. Ini hanya salah satu dari banyak kebohongannya,” katanya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)



Close Ads
Mantan Direktur FBI Sebut Trump Secara Mental tak Layak Jadi Presiden