JawaPos Radar

Kim tak Lakukan Parade Militer, Malah Foto dengan Balerina

17/04/2018, 13:15 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kim tak Lakukan Parade Militer, Malah Foto dengan Balerina
Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju berfoto dengan para balerina (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Peringatan kelahiran pendiri Korea Utara (Korut) dan Dinasti Kim, Kim Il Sung, berbeda dari perayaan sebelumnya. Pemimpin Korut Kim Jong Un terlihat bersama balerina. Ia tak menunjukkan adanya kekuatan militernya seperti tahun-tahun sebelumnya.

Perayaan yang dinamakan 'The Day of The Sun' penuh dengan keceriaan. Tak terlihat ada ketegangan yang terjadi selama perayaan berlangsung.

Pada 2017, Kim mempertunjukkan parade militer lengkap dengan rudal balistik terbaru. Hal itu disorot dunia internasional dan memperburuk situasi atas program nuklirnya.

Seperti dilansir Reuters, perayaan-perayaan sebelumnya juga memperlihatkan berbagai macam pameran budaya dan ekonomi sama seperti tahun ini. Namun tak hadirnya parade militer seperti sebuah pertanda sesuai dengan pesan saat Kim melakukan kunjungan pertamanya ke Tiongkok.

Waktu itu, ia mengumumkan rencana untuk berbicara dengan para pemimpin Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS). Foto-foto dari media lokal sama sekali tidak menunjukkan adanya senjata melainkan hanya pertunjukan, kembang api, tarian, dan olahraga yang sangat menyenangkan.

Kim dan istrinya, Ri Sol Ju, terlihat bertepuk tangan, berpose dengan para balerina dan tertawa riang. Terlihat juga Kepala Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis Tiongkok, Song Tao. Delegasi dari Tiongkok khusus datang ke perayaan sekutunya tersebut.

Hubungan Korea Utara dengan Tiongkok sempat tegang selama beberapa tahun terakhir , dikarenakan uji coba nuklir dan rudal Korea Utara. Namun pada akhir Maret, Kim melakukan kunjungan ke Beijing, yang merupakan perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak ia mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up