alexametrics

Zelensky Pidato di Depan Kongres AS, Minta Bantuan untuk Hadapi Rusia

17 Maret 2022, 06:36:45 WIB

JawaPos.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bakal berpidato di depan Kongres Amerika Serikat untuk meminta lebih banyak bantuan dalam upaya melawan invasi Rusia di negaranya. Agresi militer Rusia sejak 24 Februari itu telah menelan banyak korban jiwa dan kehancuran, serta mendorong jutaan orang meninggalkan Ukraina.

Pidato Zelensky disampaikan secara virtual. Itu dilakukan sehari setelah dia berbicara di depan parlemen Kanada agar negara-negara Barat menjatuhkan sanksi lebih berat terhadap Rusia dan meminta mereka menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina.

Zona larangan terbang oleh Barat menjadi upaya Ukraina untuk mencegah serangan udara Rusia, namun upaya itu kandas karena Presiden AS Joe Biden dan aliansi NATO menolaknya. Barat khawatir langkah itu dapat meningkatkan konflik.

Biden pada Selasa (15/3) menekan undang-undang yang mendasari pemberian dana darurat senilai USD 13,6 miliar kepada Ukraina untuk membantu negara itu mendapatkan senjata dan bantuan kemanusiaan. Dalam beberapa pekan terakhir Zelensky telah berusaha mencari dukungan bagi negaranya lewat berbagai pidato secara virtual kepada pihak asing, termasuk Parlemen Uni Eropa dan Parlemen Inggris.

Dukungan bagi Ukraina menjadi barang langka yang mempersatukan kelompok partai Republik dan Demokrat. Dua kubu yang biasanya berseberangan di Kongres itu sama-sama mendesak Biden untuk bertindak lebih jauh membantu Ukraina. Ada sejumlah dukungan bipartisan di Kongres agar AS mengirim jet-jet tempur ke Ukraina.

Ketua Republik di Senat Mitch McConnell pada Selasa (15/3) mengatakan dia tidak berharap Zelensky meminta AS terlibat langsung atau zona larangan terbang. Jika zona larangan terbang diterapkan, pasukan NATO harus menembak pesawat-pesawat Rusia.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads