alexametrics

Posisi Tiongkok Terkait Krisis Rusia-Ukraina, Hanya Sebagai Penonton

17 Februari 2022, 16:32:57 WIB

JawaPos.com – Situasi di perbatasan Ukraina dan Rusia masih belum jelas. Soal penarikan ribuan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina masih simpang siur. Sejumlah negara memberikan dukungan diplomatik agar kedua negara menahan diri. Sementara posisi Tiongkok diyakini hanya sebagai pengamat dalam konflik tersebut.

Di satu sisi, Tiongkok telah berulang kali menyatakan niat untuk bersatu kembali dengan Taiwan, sebuah pulau di lepas pantai yang memiliki pemerintahan sendiri secara demokratis tetapi diklaim Tiongkok. Namun, apakah konflik Rusia dan Ukraina akan memberi pengaruh kepada Tiongkok ke Taiwan, masih belum pasti.

Para analis menilai bahwa Tiongkok dan Taiwan sedang memantau perkembangan di Ukraina dengan cermat. Tiongkok dinilai hanya sebagai penonton.

“Presiden Tiongkok Xi Jinping sedang mencari tahu untuk melihat seberapa banyak Amerika Serikat dapat mendukung Ukraina, sementara Beijing selalu memikirkan Taiwan,” kata Direktur Institut Kissinger di Tiongkok dan AS, Robert Daly, kepada CNBC, pekan lalu.

“Tapi, saya tidak menilai Ukraina dan Taiwan sebagai paralel dalam kasus ini. Saya pikir Tiongkok tahu bahwa Taiwan lebih penting bagi Amerika Serikat,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pulau itu merupakan pusat strategi keamanan Amerika di Pasifik Barat. Kementerian Luar Negeri Tiongkok belum menanggapi permintaan komentar dari CNBC.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads