alexametrics

Politisi Partai Demokrat tak Sabar Menantikan Pilpres AS

17 Januari 2019, 18:37:42 WIB

JawaPos.com – Politisi Partai Demokrat tidak sabar menantikan pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2020. Pada awal 2019 ini saja sudah ada lima tokoh partai berlambang keledai itu yang mendeklarasikan diri sebagai kandidat calon presiden. Sosok paling anyar adalah Kirsten Gillibrand.

Senator asal New York itu menyusul empat rekannya sesama Demokrat. Yakni, Tulsi Gabbard, Elizabeth Warren, John Delaney, dan Julian Castro. ”Mereka sedang membentuk komite penjajakan,” ujar seorang politikus Demokrat kepada Associated Press kemarin (16/1). Jika tak ada aral melintang, perempuan 52 tahun tersebut akan mengumumkan pengandidatannya sebelum perjalanan ke Iowa pada akhir pekan.

Gillibrand bakal menjadi saingan berat untuk Warren yang sama-sama senator. Tapi, Castro yang merupakan mantan menteri pada rezim Barack Obama juga punya peluang besar. ’’Suasana primary (pemilihan internal partai) memanas. Pencalonan Warren sudah seperti lampu hijau bagi seluruh kandidat yang berminat,’’ ujar Deidre Dejear, politikus Demokrat dari Iowa, dalam jumpa pers.

Sampai saat ini, kandidat yang mencuat memang bukan tokoh favorit masyarakat. Rakyat AS masih menunggu sikap para politikus veteran. Misalnya, mantan Wakil Presiden Joe Biden atau Bernie Sanders. Michael Bloomberg juga masuk dalam daftar tersebut.

Mereka diprediksi menyandang status peserta kompetisi sebelum medio 2019 ini. Yang perlu dicatat, perempuan pun makin antusias untuk ikut dalam pesta demokrasi tahun depan. Sebab, masih ada Senator Kamala Harris dan Senator Amy Klobuchar yang juga berpotensi mencalonkan diri.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (bil/c10/hep)

Politisi Partai Demokrat tak Sabar Menantikan Pilpres AS