alexametrics

Pentagon Khawatir Tiongkok Miliki Senjata Paling Canggih di Dunia

17 Januari 2019, 12:50:54 WIB

JawaPos.com – Dalam sebuah dokumen Pentagon mengatakan, Tiongkok memiliki beberapa sistem senjata paling canggih di dunia. Dilansir dari The Guardian pada Rabu (16/2), Tiongkok memiliki rudal jarak menengah dan senjata hipersonik.

Tiongkok saat ini sudah berada di titik puncak pengembangan sistem senjata paling canggih di dunia. Bahkan dalam beberapa hal sistem persenjataan Tiongkok sudah melampaui para pesaingnya, termasuk Pentagon.

Menurut laporan Defense Intelligence Agency, Beijing telah membuat langkah militer yang sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian berkat undang-undang domestik yang memaksa mitra asing untuk membocorkan rahasia teknis dengan imbalan akses ke pasar Tiongkok yang lebih luas.

tiongkok, senjata paling canggih, teknologi,
Dalam sebuah dokumen Pentagon mengatakan, Tiongkok memiliki beberapa sistem senjata paling canggih di dunia (Reuters)

Sebagai hasil dari cara pengambilan informasi tersebut, Tiongkok sekarang berada di ujung tombak dalam berbagai teknologi, termasuk teknologi angkatan lautnya seperti rudal jarak menengah, dan senjata hipersonik.

“Hasil akuisisi teknologi senjata canggih tersebut terlihat dari Tentara Pembebasan Rakyat yang meluncurkan beberapa sistem senjata paling modern di dunia,” kata laporan yang berjudul ‘China Military Power’.

Teknologi militer Tiongkok yang meningkat membuat negara tersebut memiliki senjata berkemampuan canggih di udara, di laut, di ruang angkasa, dan di dunia maya. Ini memungkinkan Tiongkok untuk memaksakan kehendaknya di kawasan itu.

Hal yang perlu dipikirkan adalah nasib Taiwan. Apalagi Beijing mengatakan, pihaknya tidak akan ragu untuk menggunakan kekuatan jika Taipei secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan.

Berbicara kepada wartawan Pentagon, seorang pejabat Defense Intelligence Agency mengatakan, dia khawatir militer Tiongkok sekarang sudah cukup maju sehingga para jenderal Tentara Pembebasan Rakyat yakin kalau mereka dapat segera menginvasi Taiwan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Pentagon Khawatir Tiongkok Miliki Senjata Paling Canggih di Dunia