JawaPos Radar

Cara Menag Bangkitkan Semangat, Usai Penangkapan Mahasiswa di Mesir

17/01/2018, 17:16 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Cara Menag Bangkitkan Semangat, Usai Penangkapan Mahasiswa di Mesir
Mahasiswa di Kairo (Istimewa/ KBRI Mesir)
Share this image

JawaPos.com - November tahun lalu, sebanyak lima mahasiswa Indonesia di Kairo, Mesir ditangkap oleh aparat keamanan Mesir. Dua di antaranya dideportasi karena alasan keamanan nasional yang tidak dijelaskan lebih lanjut alasannya.

Beberapa mahasiswa di Kairo mungkin akan kehilangan semangat dan optimisme mereka. Sebab isu keamanan jadi masalah.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mecoba membangkitkan kembali semangat para mahasiswa untuk meningkatkan optimisme bagi mahasiswa Al-Azhar dengan mengunjungi asrama mahasiswa Indonesia di Al-Azhar.

Di hadapan 400 mahasiswa yang hadir, Lukman mengatakan, "Kalian adalah orang-orang pilihan. Atas takdir Allah kalian bisa mewujudkan impian ribuan orang yang ingin kuliah di Al-Azhar. Jadilah duta-duta Indonesia yang baik dan jangan lupa untuk terus menjaga nama baik Al-Azhar yang sumbangsihnya sangat besar di dunia pendidikan maupun internasional,” ujarnya beberapa hari lalu.

Dalam kesempatan itu, Gubernur NTB Zainul Majdi juga menyuarakan pendapatnya sebagai salah satu alumni Universitas Al-Azhar.

Ia mengatakan, makanan di asrama mahasiswa yang diresmikan pada 2016 menyehatkan. Makanan sehat dapat mendukung mahasiswa dalam belajar.

"Dengan situasi yang seperti sekarang, makanan yang sehat, dan buku-buku serta bahan-bahan kuliah yang semuanya ada di jangkauan tangan kalian, tidak ada alasan untuk tidak berhasil menuntut ilmu di Kairo. Ambil kesempatan sebaik-baiknya dan kalian akan jadi duta-duta terbaik Indonesia di Mesir,” ujarnya.

Asrama yang menampung 900 mahasiswa Indonesia ini, di samping menjadi tempat tinggal bagi para mahasiswa, asrama tersebut juga menjadi pusat kegiatan pembinaan bagi para mahasiswa.

Secara rutin di asrama juga diselenggarakan aktivitas seperti ceramah umum, pelatihan menghafal, dan kegiatan akademis yang lain.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up