alexametrics

Persekusi Agama Kristen di Tiongkok Meningkat

16 Desember 2018, 16:24:43 WIB

JawaPos.com – Selama beberapa bulan terakhir Pemerintah Tiongkok mengambil langkah dengan menutup ratusan gereja Kristen yang tak terdaftar di pemerintah, dan juga menyita alkitab. Penangkapan terhadap para pendeta dan umat gereja-gereja tersebut juga terjadi.

“Para pemimpin Tiongkok selalu curiga terhadap tantangan politik atau ancaman yang diajukan oleh Kristianisme kepada rezim Komunis,” kata Xi Lian, seorang sarjana agama Kristen di Tiongkok di Duke University.

“Di bawah Xi, ketakutan akan infiltrasi barat telah meningkat dan menjadi terkenal yang sudah lama tidak kita lihat.”

Beberapa orang Kristen kehilangan pekerjaan mereka, diusir dari rumah mereka, atau bahkan dipenjarakan karena iman mereka. Pada Maret, seorang pemimpin gereja terkemuka dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara setelah ia membangun sekolah Kristen di Myanmar.

ChinaAid melaporkan, belasan orang Kristen dijatuhi hukuman hingga 13 tahun penjara karena terlibat dalam apa yang disebut pemujaan. ChinaAid mengatakan, karena tindakan keras ini, beberapa pastor dan keluarga mereka telah melarikan diri ke Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

“Pemerintah mengatakan kami memiliki kebebasan beragama, tetapi benar-benar tidak ada kebebasan sama sekali,” kata seorang istri seorang pendeta, yang meminta untuk anonim untuk keselamatan suaminya.

“Banyak saudara dan saudari Kristen kita marah dan takut.”

Laporan mengatakan ada sekitar 67 juta orang Kristen, termasuk umat Katolik, di negara itu – yang berarti Tiongkok berada menjadi rumah bagi populasi Kristen terbesar di dunia dalam beberapa dekade.

“Setelah ‘runtuhnya’ ideologi komunis, tidak ada sistem nilai yang ada untuk mengisi kekosongan spiritual,” kata penulis Zhang Lijia.

“Tiongkok telah menyaksikan kebangkitan agama dalam beberapa dekade terakhir justru karena kekosongan dan kontrol yang santai ini.”

Di bawah tindakan keras baru-baru ini, anak-anak dan anggota partai komunis dilarang kegereja di beberapa daerah. Ada setidaknya satu daerah telah mendorong orang Kristen untuk mengganti poster Yesus dengan potret Presiden Xi.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)



Close Ads
Persekusi Agama Kristen di Tiongkok Meningkat