JawaPos Radar | Iklan Jitu

Arab Saudi Janjikan Bantuan Keuangan ke Tunisia 830 Juta Dolar AS

16 Desember 2018, 23:43:50 WIB
tunisia, arab saudi,
Bulan lalu, Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) bertemu dengan Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi di tengah protes sejumlah warga Tunisia atas pembunuhan wartawan senior Jamal Khashoggi (Salam Gateway)
Share this

JawaPos.com - Arab Saudi menjanjikan bantuan keuangan ke Tunisia senilai sekitar 830 juta dolar AS. Begitu pengumuman yang disampaikan oleh Perdana Menteri Tunisia Youssef Chahed pada Sabtu (15/12), setelah kunjungannya ke Arab Saudi.

Dia mengatakan, dari total bantuan itu, 500 juta dolar AS akan dialokasikan untuk membiayai anggaran negara, 230 juta dolae AS untuk membiayai perdagangan luar negeri dan sekitar 100 juta dolar untuk membiayai proyek, tanpa merinci lebih lanjut.

Bulan lalu, Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) bertemu dengan Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi di tengah protes sejumlah warga Tunisia atas pembunuhan wartawan senior Jamal Khashoggi.

Pertemuan dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam sektor ekonomi dan keuangan, promosi investasi dan keamanan serta kerja sama militer untuk melawan ekstremisme dan terorisme. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), Tunisia sendiri saat ini diketahui sedang berjuang untuk memotong defisit anggarannya.

Tunisia juga terus berjuang menstabilkan cadangan mata uang asing yang jatuh dan mengelola ekspektasi pemberi pinjaman internasional, menuntut reformasi seperti memangkas tagihan upah publik.

Dikabarkan Al Jazeera, ekonomi telah bergolak sejak otokrat Zine El Abidine Ben Ali Ben Ali digulingkan dalam sebuah pemberontakan tahun 2011 yang didorong oleh kemarahan pada tingkat pengangguran, kemiskinan dan rekor inflasi.

Di bawah tekanan dari Dana Moneter Internasional, Perdana Menteri Chahed telah bertujuan untuk memotong defisit anggaran menjadi sekitar 4,9 persen dari PDB tahun ini dari 6,2 persen tahun lalu.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : (met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up