JawaPos Radar | Iklan Jitu

Wapres AS: Laut Cina Selatan Bukan Milik Sebuah Negara Mana pun

16 November 2018, 15:15:25 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
laut cina selatan, as, tiongkok,
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengatakan, Laut Cina Selatan bukan milik sebuah negara manapun (Naval Institute)
Share this

JawaPos.com - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengatakan, Laut Cina Selatan bukan milik sebuah negara mana pun. Dia juga mengatakan, AS akan berlayar dan terbang di mana pun sesuai dengan hukum internasional yang berlaku. Komentar tersebut jelas akan membuat Tiongkok marah, sebab pihaknya mengklaim wilayah tersebut.

Apalagi, AS telah melakukan serangkaian latihan militer di Laut Cina Selatan atas dasar kebebasan navigasi. Itu membuat Beijing marah karena hal itu mengancam kedaulatannya.

"Laut Cina Selatan bukan milik satu bangsa, dan Amerika Serikat akan terus berlayar dan terbang di mana pun hukum internasional mengizinkan dan kepentingan nasional kita menuntut," kata Pence dilansir dari Reuters pada Jumat (16/11).

laut cina selatan, as, tiongkok,
Pence mengatakan kepada para pemimpin negara-negara Asia Tenggara tentang tidak ada tempat untuk kekaisaran dan agresi di kawasan Indo-Pasifik (Reuters)

Tiongkok, Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Taiwan, memiliki klaim di Laut Cina Selatan. Di laut itu, sekitar USD 3 triliun perdagangan kapal lewat setiap tahun.

Pence mengatakan kepada para pemimpin negara-negara Asia Tenggara tentang tidak ada tempat untuk kekaisaran dan agresi di kawasan Indo-Pasifik. Komentar yang dapat ditafsirkan sebagai referensi untuk kebangkitan Tiongkok.

Komentar tersebut berhubungan dengan komentar Pence pada Oktober lalu. Dia menuduh Tiongkok melakukan upaya jahat untuk merongrong Presiden AS Donald Trump dan melancarkan tindakan militer yang sembrono di Laut Cina Selatan.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up