JawaPos Radar | Iklan Jitu

Saudi Siap Berikan Hukuman Mati pada Para Pembunuh Khashoggi

16 November 2018, 11:04:25 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
khashoggi, khashoggi dibunuh, wartawan,
Jaksa Saudi mengatakan, lima orang yang mengeksekusi Khashoggi bisa dikenakan hukuman mati (RT)
Share this

JawaPos.com - Jaksa Saudi mengatakan, lima orang yang mengeksekusi Khashoggi bisa dikenakan hukuman mati. Dilansir dari Al Jazeera pada Jumat, (16/11), pihak berwenang di Arab Saudi mengatakan, mereka akan mencari hukuman mati bagi lima orang yang telah melakukan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di dalam Konsulat Saudi  di Istanbul.

Berbicara kepada wartawan di Riyadh, Wakil Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi Shaalan Al Shaalan mengatakan, rencana pembunuhan Khashoggi dimulai pada 29 September ketika seorang mantan wakil kepala intelijen memerintahkan pemimpin misi untuk membawa kembali korban dengan cara persuasi. Jika persuasi gagal maka akan dilakukan dengan cara paksaan.

khashoggi, khashoggi dibunuh, wartawan,
Arab Saudi mengatakan, mereka akan mencari hukuman mati bagi lima orang yang telah melakukan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi (Picture-Alliance)

Sementara kantor kejaksaan tidak memberikan nama, Jenderal Ahmad Al Assiri dipecat sebagai wakil kepala intelijen setelah pembunuhan itu. Pemimpin misi yang juga tidak disebutkan namanya mengumpulkan tim beranggotakan 15 orang untuk mengembalikan Khashoggi dari Turki ke Saudi.

Tim pembunuhan itu memasukkan seorang ahli forensik untuk menghilangkan bukti dari tempat kejadian dan seorang kolaborator lokal yang bertugas mengamankan rumah. Al Shalaan mengatakan, 2 Oktober pagi, pemimpin tim pembunuhan tak bisa memaksa Khashoggi untuk kembali sehingga dia memutuskan untuk membunuhnya pada saat itu.

Pria berusia 59 tahun itu kemudian meninggal karena suntikan mematikan. Penyebab resmi kematian terdaftar sebagai overdosis obat, dan tubuhnya dimutilasi dan dikeluarkan dari gedung.

Bagian-bagian tubuh dikirim ke kolaborator lokal, sementara untuk mengelabuhi media, pria lain mengenakan pakaian Khashoggi dan berpose sebagai Khashoggi yang keluar dari konsulat. Menurut para penyelidik Saudi, kamera-kamera di dalam konsulat dilumpuhkan selama pembubuhan dan mutilasi Khashoggi.

Al-Shaalan menegaskan, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS) tidak terlibat dalam pembunuhan mengerikan tersebut. Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al Jubeir juga menegaskan, Putra Mahkota itu benar-benar tidak ada hubungannya dengan kematian Khashoggi. 

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up