JawaPos Radar

Krisis Venezuela, Anak-Anak Mengais Sisa Makanan dari Tempat Sampah

16/10/2018, 15:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
krisis venezuela, krisis, krisis ekonomi, kelaparan,
Banyak anak merasa harus bolos sekolah untuk mencari makanan (Voa News)
Share this

JawaPos.com - Ketika krisis ekonomi di Venezuela semakin mendalam, jumlah anak-anak yang meminta uang atau makanan di jalanan meningkat tajam. Dilansir dari VOA News pada Minggu (14/10), banyak anak merasa harus bolos sekolah untuk mencari makanan.

Mereka menargetkan supermarket dan sisa makanan restoran dan bekerja di sudut-sudut memohon uang hanya untuk bertahan hidup. Mereka kelaparan dan hanya itu yang bisa mereka lakukan.

Salah satunya adalah Harrison. Bocah 10 tahun tersebut memilih tinggal di luar bersama teman-teman lain yang juga hidup di jalan. “Ayah saya tidak tinggal dengan saya, ibu saya buta. Kadang saya membawa makanan untuk ibu di rumah,” ujarnya.

krisis venezuela, krisis, krisis ekonomi, kelaparan,
Krisis membuat warga Venezuela menjual baju-bajunya (El Universal)

Harrison dan teman-temannya sudah jarang pergi ke sekolah. Dia tidak mempunyai seragam dan sepatu lagi. Menurutnya, mencari makanan lebih penting daripada sekolah.

Sehari-harinya kini Harrison tinggal di sebuah tempat bekas kasino rusak, di sisi timur Kota Caracas. Bila tidak sedang meminta-minta uang, Harrison dan teman-temannya akan mencoba mencari sisa-sisa makanan di sampah restoran.

Salah satu polisi Caracas, Luis Godoy mengatakan, kemiskinan membawa anak-anak jalanan semakin jauh dengan keluarga mereka. “Bila kami kembalikan mereka ke orang tuanya, biasanya ibunya akan marah dan mengatakan kenapa kalian membawanya kembali, kami tidak punya makanan untuk dia,” ujarnya.

(ina/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up