Ini Alasan Tiongkok Kembali Gelar Latihan Serangan Militer ke Taiwan

16 Agustus 2022, 19:01:53 WIB

JawaPos.com – Militer Tiongkok memastikan latihan serangan militer ke Taiwan berlanjut. Serangan terbaru bakal semakin mengancam posisi Taiwan sebagai reaksi kemarahan Tiongkok atas kunjungan anggota parlemen AS ke Taiwan. Tiongkok melakukan patroli siaga tempur dan latihan militer di perairan dan wilayah udara sekitar Taiwan pada Senin (15/8), sehari setelah kedatangan delegasi kongres AS. Kunjungan parlemen AS seolah menjadi sambungan pasca kedatangan Nancy Pelosi.

“Latihan itu adalah reaksi serius terhadap permainan politik oleh AS dan Taiwan yang merusak perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan,” kata Kolonel Senior Shi Yi dari Komando Teater Timur seperti dikutip di akun Weibo resmi komando tersebut.

“Kami akan mengambil semua tindakan yang diperlukan dan dengan tegas membela kedaulatan nasional dan perdamaian serta stabilitas Selat Taiwan,” kata Shi.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan 30 pesawat tempur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan lima kapal terdeteksi di Selat Taiwan pada Senin (15/8). Reaksi itu sebagai buntut kedatangan felegasi kongres AS yang dipimpin oleh Senator Ed Markey tiba di Taipei pada Minggu (14/8) untuk kunjungan dua hari yang sebelumnya tidak diumumkan.

Padahal sebelumnya Tiongkok sudah menghentikan latihan militernya setelah selama seminggu menekan Taiwan. Namun kini aksi itu kembali berlanjut.

“Secara teratur melakukan lebih banyak patroli ke arah Selat Taiwan,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: