alexametrics

Putuskan Mundur, Muhyiddin Yassin Sebut Ada Pihak yang Rakus Kekuasaan

16 Agustus 2021, 22:31:01 WIB

JawaPos.com – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan Pemerintah Perikatan Nasional. Setidaknya sampai menyelesaikan tugas penanganan pandemi, vaksinasi, dan pemulihan ekonomi. Namun, usaha ini tidak berhasil karena Muhyiddin meyakini ada pihak yang rakus untuk merebut kekuasaan, bukannya mengutamakan nyawa dan kehidupan rakyat.

Muhyiddin mengemukakan hal itu dalam pidato khusus di Kantor Perdana Menteri Malaysia Putrajaya, Senin (16/8).

“Saya telah berbicara kepada Yang di-Pertuan Agong pukul 12.30 siang di Istana Negara. Saya menyerahkan surat pengunduran diri saya sebagai perdana menteri dan seluruh kabinet berdasarkan Pasal 43 (4) Konstitusi Federal karena saya telah kehilangan kepercayaan mayoritas anggota DPR. Artinya saya dan anggota kabinet lainnya sudah mengundurkan diri,” katanya, Senin (16/8).

Meski awalnya dirinya menyarankan legitimasi dirinya sebagai perdana menteri ditentukan di parlemen, namun lima belas anggota parlemen UMNO telah menarik dukungan mereka. Dan, usulan kerja sama lintas partai yang diajukan ditolak oleh partai-partai oposisi.

“Jelas saya telah kehilangan dukungan mayoritas. Jadi, legitimasi saya sebagai perdana menteri tidak perlu ditentukan di parlemen. Jadi, hari ini saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Perdana Menteri dan jabatan semua anggota kabinet sebagaimana disyaratkan oleh konstitusi federal,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads