JawaPos Radar

Sidang Pembunuhan Kim Jong Nam, Siti Aisyah Berpeluang Bebas

16/08/2018, 14:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Siti Aisyah Berpeluang Bebas
Siti Aisyah yang dituduh membunuh kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Kim Jong Nam berpeluang mendapat vonis bebas di pengadilan Malaysia pada Kamis, (16/8) (AFP)
Share this

JawaPos.com - Siti Aisyah yang dituduh membunuh kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Kim Jong Nam berpeluang mendapat vonis bebas di pengadilan Malaysia pada Kamis, (16/8). Jika tak cukup bukti, hakim tak bisa melanjutkan sidang.

Jika mereka bebas, keduanya pun tidak dapat dibebaskan segera karena jaksa dapat mengajukan banding serta mengajukan terpisah untuk memperpanjang visa mereka.

"Huong tidak pernah bisa menjadi seorang pembunuh karena dia selalu menjadi gadis yang menawan dan pekerja keras," kata Doan Van Thanh, ayah terdakwa asal Vietnam, dilansir dari AFP.

Siti Aisyah Berpeluang Bebas
Malaysia jadi TKP pembunuhan Kim Jong Nam (The Express Tribune)

Kim Jong Nam tewas pada Februari 2017, setelah Siti Aisyah dan perempuan Vietnam Doan Thi Huong diduga menaruh racun saraf VX di muka korban di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Pengacara Aisyah dan Doan mengklaim keduanya tidak bersalah. Kedua perempuan itu ditipu oleh sekelompok orang Korea Utara dengan modus berpartisipasi dalam acara prank di televisi. Siti dan Doan tidak tahu adegan mereka dirancang untuk membunuh saudara tiri Kim Jong-un.

Pengadilan Tinggi Shah Alam, di luar Kuala Lumpur telah mendengar kesaksian bahwa empat warga Korea Utara merekrut kedua perempuan itu memberi mereka racun pada hari pembunuhan. Keempatnya sudah melarikan diri dari Malaysia tak lama setelah serangan tersebut.

Tim pengacara Aisyah dan Doan mengatakan, klien mereka adalah kambing hitam. Apalagi pihak berwenang Malaysia tidak dapat menangkap pembunuh yang sebenarnya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up