JawaPos Radar

Perempuan Muslim Jadi Anggota Senat Australia

16/08/2018, 05:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Perempuan Muslim Jadi Anggota Senat Australia
Seorang perempuan bernama Mehreen Faruqi menjadi anggota senat Australia pertama. Terpilihnya Faruqi ditengah-tengah isu rasisme di negara tersebut (BBC)
Share this image

JawaPos.com - Seorang perempuan bernama Mehreen Faruqi menjadi anggota senat Australia pertama. Terpilihnya Faruqi ditengah-tengah isu rasisme di negara tersebut.

Perempuan yang lahir di Pakistan mengatakan, masa depan Australia akan lebih kuat dalam keragaman. Dia berasal dari Partai Hijau untuk New South Wales ditunjuk oleh senat pada hari Rabu, (15/8), untuk mengisi kursi kosong.

Keputusan itu datang ketika senator baru lainnya menghadapi kecaman atas pidato yang menyerukan solusi akhir pada imigrasi. Faruqi, yang akan dilantik pekan depan, adalah salah satu kritikus terkemuka tentang penggunaan istilah terkait Holocaust yang digunakan oleh Fraser Anning.

Anning telah meludahi jutaan orang Australia, memuntahkan kebencian dan rasisme dalam pidato pertamanya di parlemen pada hari Selasa.

"Saya seorang migran Muslim, saya akan menjadi Senator dan tidak ada yang bisa dilakukan oleh Fraser Anning tentang hal itu," tulis Faruqi dalam sebuah artikel untuk situs web Junkee.

Faruqi bermigrasi dari Pakistan ke Australia pada 1992 bersama keluarganya. Sebelum memasuki dunia politik, ia memiliki karier yang terhormat sebagai akademisi dan memiliki gelar doktor dalam bidang teknik lingkungan.

Pemilihannya ke parlemen negara bagian pada tahun 2013 membuatnya menjadi perempuan Muslim pertama yang mencapai jabatan politik di Australia. Dilansir BBC, dia akan menggunakan peran barunya sebagai senator untuk memperjuangkan masa depan yang positif bagi Australia dalam keberagaman.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up