alexametrics

Tiongkok Luncurkan Misi Luar Angkasa Berawak Pertama dalam Lima Tahun

16 Juni 2021, 16:40:07 WIB

JawaPos.com – Badan Antariksa Tiongkok akan mengirim tiga orang ke orbit pada Kamis dalam misi awak pertamanya dalam hampir lima tahun, bagian dari rencana ambisius untuk menyelesaikan stasiun luar angkasa pada akhir tahun depan.

Tiongkok diperkirakan akan meluncurkan pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-12 pada 09:22 waktu setempat pada 17 Juni di Jiuquan di provinsi Gansu barat laut, seorang pejabat di badan Antariksa Berawak Tiongkok mengatakan pada hari Rabu.

Para astronot tersebut adalah Nie Haisheng, 56, Liu Boming, 54, dan Tang Hongbo, 45, kata Ji Qiming, asisten direktur di Tiongkok Manned Space Agency, dalam konferensi pers di Jiuquan.

Nie, penduduk asli provinsi Hubei tengah dan mantan pilot angkatan udara, akan memimpin misi tersebut. Dia akan menjadi astronot Tiongkok tertua yang pergi ke luar angkasa.

Shenzhou-12, yang berarti “Kapal Ilahi”, akan menjadi misi ketiga dari 11 misi yang diperlukan untuk menyelesaikan stasiun luar angkasa Tiongkok pada akhir tahun 2022. Tiongkok memulai pembangunan stasiun tersebut pada bulan April dengan peluncuran Tianhe, modul pertama dan terbesar dari tiga modul.

Awak Shenzhou-12 akan tinggal di Tianhe, yang berarti “Harmoni Surga”, sebuah silinder dengan panjang 16,6 m (55 kaki) dan diameter 4,2 m (14 kaki), selama tiga bulan.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads