alexametrics

Ahli Soal Penyebab Hepatitis Misterius, Pasien Pernah Kena Covid-19

16 Mei 2022, 12:17:50 WIB

JawaPos.com – Para ahli yang terus melakukan penelitian mengungkap penyebab kasus hepatitis misterius mengerucut diduga karena Covid-19 atau adenovirus. Tim ahli global akhir-akhir ini memusatkan perhatian pada potensi dampak dari SARS-CoV-2, virus di balik Covid-19. Penelitian menunjukkan kemungkinan hepatitis misterius disebabkan oleh Covid-19.

Sejumlah peneliti di 3 negara membuktikan hal itu. Anak-anak yang sempat tertular Covid-19, lalu sembuh, kemudian terkena hepatitis misterius.

Penelitian di AS

Sebuah studi kasus di Amerika baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition menganalisis seorang balita berusia 3 tahun yang sebelumnya sehat. Ia mengalami hepatitis akut beberapa minggu setelah pulih dari infeksi Covid-19 ringan.

“Pasien memiliki temuan biopsi hati dan tes darah yang konsisten dengan jenis hepatitis autoimun yang mungkin dipicu oleh infeksi Covid-19,” kata
ahli gastroenterologi anak di Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati dr. Anna Peters.

Peters, penulis utama studi tersebut, mengatakan bahwa meski tidak mungkin untuk membuktikan bahwa Covid-19 secara langsung menyebabkan penyakit hati dalam kasus ini, tetapi ada kemungkinan virus memicu respons imun abnormal yang kemudian menyerang hati.

“Saya pikir penting bagi dokter untuk menyadari bahwa ini adalah kondisi langka yang mungkin terjadi selama atau setelah infeksi Covid-19. Penting untuk memeriksa tes hati pada pasien yang tidak membaik seperti yang diharapkan,” katanya.

Ia meminta orang tua tidak perlu panik dan menemui dokter anak atau dokter perawatan primer jika anak mereka sakit. Diagnosis yang cepat dan pemberian perawatan suportif adalah kunci untuk pemulihan. Peters mengatakan pasien dalam studi kasus itu pulih setelah perawatan dan bisa menghindari transplantasi hati, tetapi kasusnya mungkin mirip dengan kasus yang dilaporkan di Inggris dan secara global.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads