JawaPos Radar

14 Negara Keluarkan Travel Advice ke Indonesia, Ini Daftarnya

16/05/2018, 18:10 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
tas koper, travel advice
Ilustrasi: tas dan koper untuk berpergian (Pixabay)
Share this

JawaPos.com - Daftar negara yang mengeluarkan Travel Advice atau saran bepergian ke Indonesia bertambah menjadi 14. Hal ini sejak rentetan aksi teror yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia. Berikut daftar negara maupun saran yang mereka berikan kepada warganya:

Inggris

Inggris mengeluarkan travel advice ke Indonesia dan peringatan untuk sementara berhati-hati bagi warga Inggris yang berada di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan aksi teror yang baru-baru ini terjadi di Indonesia. Khususnya aksi teror bom gereja di Surabaya yang menjadi sorotan dunia.

“Waspadalah dan jagalah setiap saat. Anda harus secara teratur meninjau keamanan Anda. Harus sangat waspada selama liburan termasuk periode Natal dan Tahun Baru, Tahun Baru Imlek, Nyepi (Tahun Baru Bali), Paskah, Ramadan, dan Hari Kemerdekaan (17 Agustus) yang dapat menjadi waktu ketegangan yang meningkat dan peningkatan risiko,” kata imbauan pemerintah Inggris di Website resminya.

Amerika Serikat

Setelah serangan yang terjadi di Surabaya baru-baru ini oleh kelompok teroris, Amerika Serikat (AS) juga memberikan perigatan dan imbauan kepada warganya yang khususnya berada di Indonesia. Melalui website kedutaan AS di Indonesia, AS mengeluarkan beberapa poin yang harus dilakukan warganya.

Kedubes AS juga memperingatkan agar warganya jangan termakan berita-berita bohong atau Hoax. “Sadarilah sekeliling Anda, tetap waspada di lokasi yang sering dikunjungi oleh turis atau orang Barat,” kata pernyatan Kedubes AS.

Australia

Tak jauh beda dengan Negara lain, Australia juga memberikan tanda ‘warning’ bagi warganya yang akan mengunjungi Indonesia. “Peringatan sangat tinggi untuk wilayah-wilayah di Indonesia khususnya Bali, Surabaya, dan Jakarta setelah serangan bertubi dari para teroris,” kata peringatan tersebut.

Selain itu, pemerintah Australia juga memberikan saran agar hati-hati untuk melakukan perjalanan ke Sulawesi Tengah, Papua, dan Papua Barat karena risiko keselamatan dan keamanan. “Sebagai contoh, serangan terjadi di sekitar Tambang Freeport di provinsi Papua,” tambah keterangan tersebut.

Hongkong

Selanjutnya adalah Hong Kong yang mewajibkan seluruh warga yang akan dan sudah ada di Indonesia harus memantau situasi dan menghindari aksi-aksi demo yang ada di Indonesia. Pemerintah Hongkong juga menyarankan seuruh warganya untuk melaporkan kejadian yang mencurigakan kepada konsulat jenderal Hongkong yang ada di Indonesia

New Zealand

New Zealand memperngatkan warganya agar sementara berhati-hati di Indonesia khususnya di wilayah Jakarta, Surabaya, dan Bali. “Ada beberapa risiko terhadap keamanan Anda di Indonesia yag dikarenakan oleh terorisme yang sedang berlangsung, kami menyarakan Anda untuk berhati-hati,” tulis pernyataan tersebut.

“Kami merekomendasikan agar Anda yang sedang berada di Indoenesia mengikuti instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas lokal dan melakukan kewaspadaan khusus di tempat-tempat umum, terutama di daerah di mana orang Barat berkumpul,” tambah pernyataan tersebut.

Singapura

Melalui Kedutaan Besar Singapura yang berada di Indonesia, Singapura memperingati warganya yang berada di Indonesia khususnya Surabaya agar menghindari lokasi kejadian.

“Ada laporan media tentang tiga ledakan bom di Surabaya pada 13 Mei 2018. Kematian dan cedera telah dilaporkan,” kata pernyataan tersebut.

“Warga Singapura di Surabaya disarankan untuk menghindari daerah tersebut, memantau media setempat secara dekat untuk pembaruan dan perkembangan, dan memperhatikan saran dari pihak berwenang setempat,” tambah pernyataan tersebut.

Malaysia

Negara tetangga, Malaysia, mengutuk  aksi teror yang terjadi di Indonesia khususnya Surabaya. Kementerian Luar Negeri Malaysia menegaskan bahwa sejauh ini tidak ada orang Malaysia yang berhubungan dengan insiden tersebut.

“Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta terus memantau perkembangannya secara dekat dan berhubungan dekat dengan pihak berwenang Indonesia,” kata pernyataan dari website Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia.

Kementerian juga menasihati warga Malaysia, terutama yang berada di Surabaya untuk lebih waspada serta mengikuti instruksi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang Indonesia. “Warga Malaysia yang membutuhkan bantuan konsuler dapat menghubungi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta,” tambah pernyataan tersebut.

Polandia

Melalui akun Twitter-nya, Kedutaan Besar Polandia di Indonesia juga memberikan peringatan kepada warganya yang berada di Indonesia agar selalu waspada. “Sehubungan dengan serangan bom yang terjadi di Indonesia khususnya di Surabaya Jawa Timur, Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta meminta warga melakukan perhatian khusus, terutama di tempat-tempat ibadah agama, menghindari pertemuan publik dan selalu memantau media lokal,” cuit Kedubes Polandia di Twitter.

Irlandia

Serentetan aksi teroris yang terjadi di Indonesia membuat pemerintah Irlandia mengeluarkan peringatan bagi para warganya. “Warga Irlandia diingatkan untuk tetap waspada, mengikuti saran aparat lokal dan berhati-hati ketika mengunjungi tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh banyak orang asing,” kata pernyataan tersebut.

Kanada

Peringatan yang diberikan pemerintah Kanada bagi warganya bukan hanya mengenai isu teroris baru-baru ini saja. Namun juga dengan demo-demo politik yang ada di Indonesia. “Anda harus meningkatkan kewaspadaan di Indonesia karena ketegangan politik dan sosial dan ancaman terorisme di seluruh negeri,” kata pernyataan pemeritah Kanada.

Prancis

Negeri yang terkenal dengan menara Eiffel ini juga memperingatkan warganya agar berhati-hati di Indonesia. "Disarankan untuk menghindari tempat pertemuan, demonstrasi, dan untuk menghormati instruksi dari otoritas lokal,” kata pernyataan pemerintah Prancis.

Filipina

Kementerian Luar Negeri Filipina memberikan peringatan di tengah serangkaian pemboman bunuh diri di kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya, yang merenggut sejumlah nyawa dan melukai puluhan lainnya. Pihaknya menyarankan lebih dari 250 orang Filipina yang tinggal di Surabaya untuk tetap waspada dan membatasi gerakan mereka sampai situasi normal.

Brasil

Pemerintah Brasil menyarankan warganya di Surabaya tetap waspada dan menghindari berpergian jika tidak terlalu penting. Warga Brasil di seluruh Indonesia juga harus memperhatikan informasi keamanan yang diterbitkan oleh otoritas kepolisian dan disebarluaskan di media lokal.

“Serangan atas nama agama, melibatkan ledakan pengebom bunuh diri di berbagai daerah, yang mengakibatkan kematian setidaknya 14 orang. Pada 14 Mei 2018, sebuah ledakan baru, yang juga diklaim oleh Negara Islam, terjadi di Surabaya," tulis pemerintah Brasil melalui webnya.

“Kedutaan Brasil di Jakarta tetap tersedia untuk setiap pertanyaan atau jika seseorang membutuhkan bantuan,” tambah pernyataan tersebut.

Swiss

Pemerintah Swiss menyarankan agar sementara warganya yang berada di Indonesia untuk menghindari tempat yang sering dikunjungi orang asing seperti tempat hiburan, pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran.

“Organisasi-organisasi massa Muslim di Indonesia mendukung pemerintah dalam perjuangannya melawan terorisme,” kata pernyataan di website resmi pemerintah Swiss.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up