JawaPos Radar

Cara Warga Korut Puja Pemimpinnya, Sampai Sujud Depan Patungnya

16/04/2018, 17:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Cara Warga Korut Puja Pemimpinnya, Sampai Sujud Depan Patungnya
Warga Korut memberikan persembahan kepada patung pendiri Korut Kim Il Sung (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Ribuan warga Korea Utara (Korut) meletakkan bunga di dekat patung sang pendiri negara, Kim Il Sung pada peringatan hari kelahirannya. Para tentara dan personel unit kerja dalam balutan seragam cokelat, murid-murid sekolah, dan keluarga berjalan menuju bukit Mansu di Pyongyang.

Bukit Mansu menjadi tempat diletakkannya patung-patung raksasa Kim dan putranya yang melihat ke arah luar ibu kota. Selain itu terdapat spanduk yang terbuat dari tanaman hijau yang bertuliskan "Kawan-kawan hebat, Kim Il Sung dan Kim Jong Il akan selalu bersama kami."

Mereka terdiri atas beberapa kelompok sesuai giliran mendekati patung yang terbuat dari perunggu tersebut sambil membawa setangkai bunga. Bahkan ada yang diletakkan di keranjang emas sebagai persembahan, seperti dilansir AFP, Minggu, (15/4).

Cara Warga Korut Puja Pemimpinnya, Sampai Sujud Depan Patungnya
Kim Jong Un dipuja warganya (Atlantico Fr)

Seorang pemimpin acara tersebut kemudian mengatakan, "Mari bersujud di depan patung-patung itu." Orang-orang Korut diajarkan untuk menghormati para pemimpin mereka sejak usia dini. Potret dua penguasa tersebut dibuat seperti menatap ke bawah, ke setiap rumah, sekolah, dan tempat kerja di negara tersebut.

Kim Jong Un menjadi pemimpin ketiga dari dinasti Korut, yang disebut-sebut sebagai negara terisolasi dan miskin, namun memiliki senjata nuklir. Ritual peringatan hari kelahiran pemimpin mereka dilakukan guna memperkuat kesetiaan kepada rezim.

Di Korut, 15 April dikenal sebagai Hari Matahari. Ini menjadi hari paling penting dan kadang-kadang ditandai dengan parade militer seperti yang diadakan tahun lalu.

Letnan Dua, Ryu Yong Jong yang bekerja di militer selama sembilan tahun mengatakan, mengunjungi patung-patung tersebut memperkuat tekadnya untuk mewujudkan reunifikasi negara yang diinginkan para pemimpin besar dan menjunjung tinggi kepemimpinan Marsekal Kim Jong Un.

Orang-orang Korut biasanya menyatakan dukungan sepenuh hati untuk pemerintah ketika berbicara kepada media asing. Pihak berwenang mengadakan pertemuan masal pejabat senior pada Sabtu (14/4), untuk memperingati hari ulang tahun pendiri Korut.

(ina/ce1/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up