alexametrics

Penembakan di Selandia Baru, Masjid London Tingkatkan Keamanan

16 Maret 2019, 11:06:57 WIB

JawaPos.com – Setelah penembakan yang terjadi di dua masjid di Selandia Baru, Masjid Muslim London mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan guna menjaga keamanan jamaahnya. Dilansir dari Global News pada Jumat (15/3), Kepala Polisi London John Pare meminta polisi menjaga Masjid Medway Arena dan di YMCA untuk shalat Jumat.

“Kami mencoba meningkatkan langkah-langkah penjagaan keamanan untuk memastikan semua orang aman,” kata Direktur Eksekutif Masjid Muslim London, Aarij Anwer.

penembakan masal, penembakan di masjid, masjid selandia baru, selandia baru,
Polisi mengamankan masjid di Selandia Baru usai penembakan (Infografis: Kokoh/JawaPos.com)

Anwer mengakui, peningkatan keamanan dan menjaga agar fasilitas tetap dapat diakses merupakan tugas yang sulit. Kepala Polisi London John Pare dan Walikota London Ed Holder hadir di masjid untuk berbicara kepada jamaah usai shalat Jumat.

Holder mengatakan, dia terkejut dan sedih dengan berita serangan teroris di masjid Selandia Baru. Ia bergabung dengan orang di seluruh dunia mengutuk serangan teror yang mengerikan itu.

“Tidak seorang pun boleh pergi ke tempat ibadah dalam keadaan takut. Kami bersama dalam hal ini, kami harus membantu komunitas Muslim di saat yang menegangkan, mengerikan, dan menyakitkan ini,” ujar Holder.

Sementara bendera Kanada di luar balai kota dikibarkan setengah tiang usai pembantaian di masjid di Selandia Baru.

Pare mengatakan, penting bagi kepolisian untuk menunjukkan keberadaannya di komunitas Muslim London. “Sungguh menakjubkan ketika peristiwa ini terjadi dan bagaimana masyarakat benar-benar berkumpul,” katanya.

“Saya pikir itu yang penting, bahwa kita semua menunjukkan dukungan dan berdiri dalam solidaritas dan mengakui tidak ada tempat bagi kebencian hadir,” ujar Pare.

Sementara itu, Anwer benar-benar tersentuh oleh orang-orang yang datang dan mengunjungi umat Muslim, untuk sekadar mengantarkan ucapan belasungkawa.

Anwer mengatakan, di antara mereka yang menyampaikan belasungkawa adalah seorang warga London kelahiran Selandia Baru yang datang ke masjid dengan bunga. “Itu adalah momen yang sangat menyentuh,” katanya.

“Ini memberi tahu kita bahwa bahkan di masa-masa gelap ini selalu ada hal baik di dunia,” paparnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Penembakan di Selandia Baru, Masjid London Tingkatkan Keamanan