alexametrics

Indonesia akan Selalu Perjuangkan Palestina di DK PBB

16 Januari 2019, 19:00:27 WIB

JawaPos.com – Indonesia telah resmi duduk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB) tepatnya pada 2 Januari 2019. Salah satu prioritas utama Indonesia adalah terus membahas dan mendukung isu Palestina.

“Untuk isu Palestina, sebisa mungkin kita berpartner dengan anggota DK PBB lain karena kita tak bisa sendiri,” kata Direktur Jenderal Jenderal Kerja Sama Multilateral, Febrian Ruddyard di Jakarta pada Rabu (16/1).

Menurutnya, ini saatnya Indonesia, sebagai negara yang mendukung Palestina, mendorong dan selalu menempatkan isu Palestina dalam setiap pembahasan DK PBB.

Indonesia, DK PBB, Palestina,
Menurutnya, ini saatnya Indonesia, sebagai negara yang mendukung Palestina, mendorong dan selalu menempatkan isu Palestina dalam setiap pembahasan DK PBB (Times of Israel)

Namun, Febri juga tak menyangkal bahwa selalu ada tantangan untuk memperjuangkan isu ini. “Apalagi dengan Amerika Serikat, ada sedikit perbedaan pandangan di sana namun bagaimana kita bisa berpartner agar bisa mencapai hasil,” kata Febri. Indonesia juga selalu berupaya agar isu ini tidak hilang dengan isu lain yang lebih tinggi.

“Setiap resolusi itu selalu ada pen holder-nya, untuk isu Palestina, Amerika Serikat adalah pen holder-nya dan Indonesia menjadi salah satu co-pen holder,” katanya.

Ini menguntungkan sebab Indonesia akan selalu ada setiap pembahasan Palestina. Selain itu, isu Palestina dalam satu bulan dibahas beberapa kali.

“Kami melakukan 14 konsultasi bilateral dengan anggota DK PBB lainnya, salah satu inti dari bilateral adalah apa yang akan kita lakukan di dalam, kita akan selalu mendorong isu palestina dalam bentuk apa saja,” ujar Febri.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum


Close Ads
Indonesia akan Selalu Perjuangkan Palestina di DK PBB