alexametrics

Erdogan Bahas Zona Aman di Syria dengan Trump

16 Januari 2019, 19:32:54 WIB

JawaPos.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, ia telah membahas zona aman yang akan didirikan Turki di dalam wilayah Syria sepanjang perbatasan mereka dalam panggilan telepon dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa (15/1).

Trump yang mengumumkan akan menarik pasukan Amerika Serikat keluar dari Syria Timur Laut bulan lalu. Ia menyarankan untuk menciptakan zona aman, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

“Masalah zona aman, termasuk zona aman di sepanjang perbatasan Turki yang akan dibentuk oleh kami. Masalah yang saya bawa sejak era Obama,diulangi lagi olehnya sejauh 20 mil,” kata Erdogan kepada anggota Partai AK di parlemen.

as, trump, turki, erdogan, kurdi,
Trump yang mengumumkan akan menarik pasukan Amerika Serikat keluar dari Syria Timur Laut bulan lalu. Ia menyarankan untuk menciptakan zona aman, tanpa menjelaskan lebih lanjut (Reuters)

Zona aman itu dapat diperpanjang melebihi 20 mil. Namun ia idak mengatakan seberapa jauh akan bisa diperpanjang.

Turki telah berjanji untuk mengambil alih perang melawan kelompok militan ISIS di Syria setelah penarikan Amerika Serikat. Namun, perbedaan keras antara Washington dan Ankara mengenai milisi Kurdi YPG telah memperburuk pembicaraan antara kedua mitra NATO tersebut.

YPG telah menjadi sekutu utama Amerika Serikat dalam perang melawan ISIS. Namun Turki memandangnya sebagai organisasi teroris dan perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah melakukan pemberontakan selama puluhan tahun di Turki.

Panggilan telepon antara Trump dan Erdogan dilakukan setelah Trump mengancam Turki dengan kehancuran ekonomi jika pasukan Turki menyerang milisi YPG.

Ancaman Trump untuk menghancurkan ekonomi Turki juga memicu kekhawatiran di kalangan investor, dan menyebabkan lira turun sebanyak 1,6 persen awal pekan ini. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), Erdogan mengatakan dia dan Trump telah sepakat untuk meningkatkan hubungan ekonomi selama panggilan telepon mereka.

“Turki akan terus melakukan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini sejalan dengan semangat aliansi, asalkan hak dan hukum kita dihormati,” katanya seperti dimuat Reuters.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia



Close Ads
Erdogan Bahas Zona Aman di Syria dengan Trump