alexametrics
Pelaku di Indonesia Hanya Wajib Lapor

Pelaku Pelecehan Seksual di Prancis Dipenjara 20 Tahun

15 Desember 2017, 18:21:55 WIB

JawaPos.com – Adanya kasus pelecehan seksual di moda transportasi umum di Indonesia, khususnya di KRL, membuat kaum hawa merasa waswas dan takut. Lalu apakah hukuman bagi para pelaku pelecehan seksual?

Ternyata di Indonesia para pelaku pelecehan seksual di transportasi umum hanya dikenakan hukuman tidak sampai lima tahun, bahkan sering kali hanya wajib lapor. Sangat miris bukan? Padahal kasus pelecehan seksual di Indonesia dari Januari hingga Desember 2017 tercatat ada 11 kasus.

Pelecehan seksual di moda transportasi rupanya tak hanya terjadi di Indonesia. Di negara-negara lain sering terjadi pelecehan di moda transportasi.

Seperti dilansir Independent beberapa hari lalu, para peneliti menyatakan kaum hawa adalah yang paling sering menggunakan transportasi umum. Di Jerman, sudah sejak tahun 2016 diadakan kampanye ‘No Means No’ yang berarti ‘Tidak Berarti Tidak’ untuk melawan pelecehan seksual di moda transportasi dan di mana saja.

Sebelumnya segala pelecehan seksual yang tidak sampai tahap penetrasi tidak di kategorikan sebagai tindakan yang serius. Namun, semenjak kampanye tersebut, segala bentuk pelecehan seksual bisa dipenjara, termasuk pelecehan seksual secara verbal.

Italia dan Swiss mempunyai hukuman maksimal yang sama bagi pelaku pelecehan seksual yaitu 10 tahun penjara. Segala bentuk pelecehan seksual seperti memaksa hingga penetrasi bisa terancam hukuman penjara.

Pelaku pelecehan seksual di Perancis diberi hukuman hingga 20 tahun penjara. Sementara untuk pelaku kekerasan seksual berbentuk verbal dapat dijatuhi denda yang tinggi atau bahkan dua tahun penjara.

Berbeda di Swedia, hukuman untuk pemaksaan segala bentuk aktivitas seksual minimal dua tahun penjara, termasuk memaksa seseorang untuk membuka baju atau melecehkan seseorang dalam keadaan tak berdaya, seperti korban yang sedang tidur atau mabuk.

Seorang wanita di Arab Saudi yang mendatangi seorang laki-laki lalu ia diperkosa, wanita itu juga bisa dijatuhi hukuman. Sebab wanita tersebut dianggap mendatangi orang yang membuatnya diperkosa. Namun, si pemerkosa itu juga mendapat hukuman.

Memang ada negara yang sudah menindak tegas pelaku pelecehan seksual. Namun, ada juga negara yang belum terlalu tegas menindak para penjahat seksual ini.

Editor : admin

Reporter : (ce1/iml/JPC)


Close Ads
Pelaku Pelecehan Seksual di Prancis Dipenjara 20 Tahun