JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pria Jepang Temukan Potongan Film Mickey Mouse yang Hilang

15 November 2018, 19:07:58 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Mickey Mouse, Pria Jepang Mickey Mouse, Film Mickey Mouse Hilang
Potongan film Mickey Mouse yang hilang. (AFP)
Share this

JawaPos.com - Beberapa tahun lalu, ketika Yasushi Watanabe masih menjadi siswa sekolah menengah di Kota Jepang Osaka, ia membeli film kartun. Saat itu, ia tak menyadari bahwa yang dibeli adalah sejarah sebuah animasi dari Mickey Mouse.

Gulungan sederhana yang dibelinya hanya seharga 500 yen atau setara Rp 64 ribu untuk nilai uang hari ini, telah terungkap sebagai kartun langka produksi Walt Disney yang hilang. Ya, kartun itu menampilkan karakter yang mengarah pada Mickey Mouse.

Penemuan ini dilaporkan oleh harian Asahi Shimbun Jepang. Media itu dihubungi oleh Watanabe setelah membaca sebuah buku tentang sejarah "Oswald the Lucky Rabbit", karakter Disney yang diciptakan pada 1920-an. Buku itu menuliskan bahwa tujuh dari 26 film pendek yang menampilkan Oswald yang diproduksi Walt Disney hilang. Watanabe pun teringat masa kecilnya.

Film itu diberi label dalam bahasa Jepang 'Mickey Manga Spide' atau Mickey Cartoon Speedy dalam bahasa Inggris. Tampilannya yakni seorang polisi anjing pada sepeda motor mengejar Oswald dan pacarnya di dalam mobil.

Kemudian, Asahi Shimbun menghubungi penulis buku dan arsip Walt Disney serta menegaskan bahwa gulungan itu memang salah satu film yang hilang. Awalnya berjudul Neck 'n' Neck.

"Kami benar-benar senang mengetahui bahwa salinan film yang hilang itu ada," kata Direktur Arsip, Becky Cline dilansir dari AFP, Kamis (15/11).

"Karena saya sudah menjadi penggemar Disney selama bertahun-tahun, saya senang saya bisa memainkan peran (dalam penemuan itu)," ujar Watanabe. Pembelian masa kecilnya itu sekarang disimpan di Kobe Planet Film Archive.

Sebelumnya pada 2014, Perpustakaan Nasional Norwegia juga pernah mengumumkan telah menemukan salinan kartun Walt Disney yang menampilkan Oswald. Kartun tersebut sebelumnya dianggap hilang.

Kartun yang berjudul 'Empty Socks' merupakan film Natal pertama yang dibuat oleh raksasa hiburan AS dan ditemukan di perpustakaan dekat Lingkaran Arktik. Setahun kemudian, film pendek lain yang menampilkan Oswald juga ditemukan di Inggris dan diputar untuk pertama kalinya dalam 87 tahun terakhir.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up