JawaPos Radar | Iklan Jitu

Menteri Keamanan Siber Jepang Ternyata Tak Mengerti Komputer

15 November 2018, 15:28:38 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Yoshitaka Sakurada, Menteri Jepang Yoshitaka Sakurada, Menteri Tak Mengerti Komputer
Seorang Menteri di Jepang yang mengurusi keamanan siber, Yoshitaka Sakurada. Dia mengaku tidak mengerti tentang komputer. (AFP)
Share this

JawaPos.com - Seorang Menteri di Jepang yang mengurusi keamanan siber, Yoshitaka Sakurada membuat pernyataan mengejutkan. Betapa tidak, dia mengaku tak mengerti tentang komputer. Selain itu, dia juga mengaku tidak pernah menggunakan komputer dan tampak bingung ketika hendak menggunakan flashdisk.

Menteri berusia 68 tahun ini adalah wakil kepala kantor strategi keamanan siber pemerintah, juga menteri yang bertanggung jawab atas Olimpiade dan Paralympic Games yang akan diselenggarakan Tokyo pada 2020 mendatang. Dia juga tampak bingung dengan pertanyaan ketika ditanya tentang apakah drive USB digunakan di fasilitas nuklir Jepang.

"Sejak usia 25 tahun, saya telah menginstruksikan karyawan dan sekretaris saya, jadi saya tidak menggunakan komputer sendiri," katanya dalam menanggapi pertanyaan oposisi di sidang majelis rendah, dilansir dari Japan Today, Kamis (15/11).

Yoshitaka Sakurada, Menteri Jepang Yoshitaka Sakurada, Menteri Tak Mengerti Komputer
Ilustrasi: seseorang sedang mengoperasikan komputer laptop. Seorang Menteri di Jepang yang mengurusi keamanan siber, Yoshitaka Sakurada. Dia mengaku tidak mengerti tentang komputer. (AFP)

Komentarnya sontak disambut ketidakpercayaan oleh anggota parlemen oposisi. "Tidak dapat dipercaya bahwa seseorang yang belum menyentuh komputer bertanggung jawab atas kebijakan keamanan siber," kata anggota parlemen oposisi Masato Imai.

Komentarnya ini juga memicu komentar para netizen Jepang. "Apakah dia tidak merasa malu?" tulis satu pengguna Twitter.

"Jika seorang peretas menargetkan Menteri Sakurada, mereka tidak akan bisa mencuri informasi apa pun. Memang itu mungkin jenis keamanan terkuat!" canda salah satu pengguna.

Sakurada diketahui telah menjabat sebagai menteri lebih dari sebulan. Dia memimpin setelah ditunjuk dalam perombakan kabinet usai terpilihnya kembali Perdana Menteri Shinzo Abe sebagai kepala partai politiknya.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up